Translate

Tuesday, March 17, 2020

Bayar Pajak

Lukas 20:20-26 (TB)  Ahli-ahli Taurat dan imam-imam kepala mengamat-amati Yesus. Mereka menyuruh kepada-Nya mata-mata yang berlaku seolah-olah orang jujur, supaya mereka dapat menjerat-Nya dengan suatu pertanyaan dan menyerahkan-Nya kepada wewenang dan kuasa wali negeri.
Orang-orang itu mengajukan pertanyaan ini kepada-Nya: "Guru, kami tahu, bahwa segala perkataan dan pengajaran-Mu benar dan Engkau tidak mencari muka, melainkan dengan jujur mengajar jalan Allah.
Apakah kami diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak?"
Tetapi Yesus mengetahui maksud mereka yang licik itu, lalu berkata kepada mereka:
"Tunjukkanlah kepada-Ku suatu dinar; gambar dan tulisan siapakah ada padanya?" Jawab mereka: "Gambar dan tulisan Kaisar."
Lalu kata Yesus kepada mereka: "Kalau begitu berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!"
Dan mereka tidak dapat menjerat Dia dalam perkataan-Nya di depan orang banyak. Mereka heran akan jawab-Nya itu dan mereka diam.

https://alkitab.app/v/736014f552fd



Sulitnya mengajak teman2 pengusaha untuk taat pajak.. Itu mungkin kalimat yang pernah saya lontarkan 4 tahun lalu. Pada saat mengetahui bahwa banyak teman2 pengusaha yang belum punya NPWP, dan pastinya tidak membayar pajak.

Pajak adalah sesuatu yang kita harus selesaikan dalam kaitannya kita sebagai warga negara. Warga dari suatu negara, dimana kita tinggal. Dan bahkan tinggal dimana pun anda harus tetap membayar pajak, ataupun iuran ataupun apa namanya. Karena semua pajak itu ada gunanya.

Itu juga pertanyaan yang dilontarkan kepada Tuhan Yesus kala itu, dimana Yahudi dalam jajahan romawi, dan dikuasai dan dipimpin seorang Kaisar. Memahami pekerjaan Tuhan dalam kepemimpinan dan pemerintahan yang ada dimana kita tinggal adalah penting, dan itu dimulai dengan salah satunya kesadaran untuk membayar pajak. Pajak adalah kewajiban, dan barulah kita bisa menuntut hak kita sebagai warga negara. Bila negara tidak bisa memenuhi kewajibannya untuk warganya, dan banyak warga mengeluh menuntut haknya, maka pemerintahannya pasti akan digantikan dengan yang lebih baik.

Pajak digunakan untuk kemakmuran warganya, ini sangat penting. Oleh karena itu Tuhan berkata, apa yang harus diberikan kepada pemerintah, dalam hal ini pajak, maka berikanlah. Jadi jangan berkata anda adalah murid Tuhan, apabila anda tidak membayar pajak.

Memang urusan dan aturan pajak sangat rumit, bahkan perhitungan dan aturannya saja bikin kepala pusing. Itu sebabnya banyak profesi konsultan pajak. Kami bersyukur selama ini ditempatkan Tuhan seorang konsultan pajak yang baik dan banyak membantu kami. Konsultan tetaplah konsultan, dan mereka hanya akan memberikan masukan dan arahan, tapi kita tetap memutuskan.

Oleh karena itu, saya kadang tidak habis pikir. Konsultan telah memberikan masukan dan arahan yang baik, termasuk membayar pajak tepat pada waktunya, tapi seringkali tidak didengar oleh sang pengusaha. Maka tidak heran, denda pajak akan muncul pada waktunya.

Membayar pajak adalah kewajiban kita sebagai pengusaha, terutama pengusaha Kristen, karena Tuhan sendiri telah memerintahkannya dengan jelas.