Translate

Monday, March 23, 2020

Another COVID

Sudah mau seminggu nih di rumah terus. Istilah kerennya Work From Home. Waktu awal-awal sih lumayan happy. Karena saya biasanya bisa 4-5 meeting per hari, di beberapa tempat. Sekarang benar-benar tidak kemana-mana.

Komunikasi pun terbatas. Sesekali menerima telepon, sebagian besar memandu tim via whatsapp group. Mungkin juga buat orang rumah sangat menarik, karena jarang melihat saya di rumah.

Tapi tetap saja, tidak banyak yang bisa saya lakukan , selain membuka laptop dan membalas chat. Rutinitas membersihkan rumah di pagi hari, bersepeda dan berlari kecil tetap saja dilakukan. Hari ini masih bisa mengantar istri ke pasar. Tidak tahu besok-besok.

Nah, ketika mencari informasi, menemukan gambar ini , another covid menurut saya:


Pertama, Cuci Tangan. Semenjak beberapa minggu lalu, himbauan mencuci tangan sudah dilakukan. dan saya juga sudah melakukannya. Tidak mudah pada awalnya, tapi makin kesini, makin terbiasa.

Cuci tangan tidak hanya berusaha menunjukkan kita bersih, karena tanganlah yang paling aktif, dan menyentuh banyak hal. Sedangkan virus ini sangat mudah menular melalui droplet yang sangat kecil yang ada di barang-barang yang kita sentuh. 

Bedanya, sekarang ini, sedikit-sedikit cuci tangan terus.

Kedua, Olah Raga. Ya lumayanlah sekarang sudah makin rajin, semenjak di-istirahatkan di rumah. Bersepeda, berlari kecil adalah kesukaan saya. Makanya dulu saya kurus lho. 

Vitamin. Jangan lupa, ini faktor penting. Menghadapi virus ini hanya dengan doa dan daya tahan. Daya tahan kita diperoleh dari makanan yang kita makan, termasuk vitamin. 

Istirahat. Jelas penting. Meskipun saya tetap tidak terbiasa tidur siang. Saya hanya tidur siang apabila tubuh sedang perlu istirahat tambahan. Sekarang ini, sudah beberapa tahun, saya mengatur tidur (istirahat) dengan cukup. Jam 21 adalah jam terakhir saya tidur, kecuali sedang ada acara sangat-sangat penting. Dan bangun di jam 4 atau 5 pagi. Pastikan kita punya istirahat cukup. Semua untuk membantu daya tahan tubuh kita.


Di Rumah Saja. Ini sih yang semula awalnya berat. Karena masih tetap ingin keluar. Ingin kerja, ingin ke gereja, ingin ke mall, ingin ketemu orang di luar sana. Sekarang ini yang harus dibatasi. Buatlah aktifitas berguna selama kita di rumah.

Nah, jelaskan another COVID ini sangat berguna untuk kita selama masa #stayathome , #workfromhome . Semoga Covid-19 nya segera selesai.