WHAT YOU HAVE TO DO, WHEN YOU JUST START YOUR CAREER?
Malam itu Maurine mengajak anaknya . "Her name is Anais", katanya sambil memperkenalkan anak perempuannya. Saya agak terkejut dan bercanda,"Sejak kapan kita boleh nge-date dan bawa anak perempuan?"
Mereka berdua tertawa lebar ....
Setelah kami memesan makanan di "Luna Negra", Maurine pun mulai bercerita. "Minta tolong dong, cariin pekerjaan lain buat Anais."
Saya menjawab,"Lho kenapa? Bukannya Maurine pernah cerita bahwa dia diterima di program Management Trainee di sebuah bank besar di negeri ini?"
Maurine ,"Dia gak betah. Karakter bos-bosnya aneh-aneh. Anais gak cocok di situ. Kayaknya bentar lagi keluar." Anais mengangguk-angguk membenarkan.
Sambil mengambil memakan calamari di depan saya, saya pun minta Anais untuk bercerita tentang suasana kerjanya.
Anais pun bercerita panjang lebar , sambil berkali kali mengibaskan rambutnya yang panjang (ah!)
Saya menyimak cerita Anais. Yang dia sampaikan sebenarnya sangat klasik dan sering dialami oleh para karyawan baru yang masuk ke perusahaan. Semuanya pasti struggling dan harus menyesuaikan diri. Bedanya adalah yang lain berusaha keras untuk menyesuaikan diri. Sementara Anais, karena sangat confident dan merasa punya banyak pilihan ( she is graduated with great GPA from one the top University in US), dia malas menyesuaikan diri dan ingin pindah ke tempat lain.
Padahal .... jangan terburu buru, mungkin Anais akan mendapatkan pekerjaan baru di tempat lain. Tetapi ...
- akan kelihatan jelek banget di CV nya kalau baru 6 bulan sudah pindah (you need to stay at least 3 years in your current job)
- di tempat baru juga dia harus menyesuaikan diri lagi, lha kalau susah lagi, apakah dia harus pindah lagi juga?
So, my advise to Anais? Dont move. Stay and be persistent. Stay and continue to struggle until you can adapt to that environment. It is worth it. Kemampuan Anais untuk beradaptasi di lingkungan yanv berbeda beda akan menjadi bekal kuat bagi karier Anais di masa depan.
Terus, bagaimana Anais harus a menyesuaikan diri?
Anais harus menerapkan kelima steps di bawah ini ....
(Nanti saya akan singkat menjadi 5C: Competences, Character, Chemistry, Culture of Execution
1. Build your COMPETENCES
Pekerjaan apapun itu, suka atau tidak suka, anda pasti akan belajar dari situ, dan itu akan menambah kompetensi anda.
Dan kompetensi itu akan sangat berguna dan menjadi modal penting anda di nasa depan.
So, daripada meratapi nasib dan terus menerus pengin pindah, mendingan juga perform semaksimal mungkin dan belajar sebanyak mungkin mengembangkan kompetensi kita.
2. Strengthen your CHARACTERS
Pada saat anda berkembang dalam karier anda, anda harus mempunyai karakter ini :
- Passsion (enjoy what you do)
- Hardwork (pekerja keras)
- Learning Maniac (Terus menerus belajar)
Pergunakan waktu waktu awal karier anda untuk mengembangkan ketiga karakter itu.
3. CHEMISTRY
Life is about building relationship. And relationship is about building chemistry with others.
Apapun yang akan anda lakukan dalam karier anda nanti, kemampuan anda membangun relationship akan sangat penting.
Makanya kalau sekarang punya boss jahat, jangan komplain.
Justru gunakan itu sebagai sarana belajar, mampukah anda membangun chemistry, membangun relationship dan memanage ekspektasi dari semua orang, termasuk yang baik maupun yang jahat.
Memangnya kalau nanti anda jadi Sales Manager anda boleh pilih-pilih customer? No Way!
Jangan manja! Gunakan semua opportunity untuk belajar!
4. CULTURE OF EXECUTION
Banyak orang jago ngomong, banyak juga yang jago presentasi.
In the end of the day, yang akan membedakan successfull people dengan yang lain adalah kemampuan untuk mengimplementasikan sampai akhirnya mengasilkan business result yang significant.
Apapun yang anda kerjakan sekarang, pastikan bahwa anda mengerti "big picture"nya, dan apa kontribusi anda pada strategy perusahaan, dan kerjakan semuanya dari end to end sampai menghasilkan business result yang bisa diukur dan berkontribusi pada overall company achievement.
5. CONNECTED
Finally, memang suatu saat sih boleh boleh saja pindah kerja (saya bilang setelah minimal 3 tahun ya), dan saya sih berharap bahwa selama 3 tahun anda perform bagus dan boss anda sudah mempromosikan anda.
But it is still a good idea to build and expand your network.
Jangan menjadi anak pemalu!
Get connected internally and externally. Impress them with your uniqueness of competences and characters.
Perluas jaringan anda di dalam dan di luar di perusahaan.
One day, your network can save your life!
Jadi ingat ya, pada saat anda masuk menjadi karyawan baru setelah lulus dari universitas anda, anda yang harus nenyesuaikan diri dengan menerapkan lima langkah ini
1. Develop your COMPETENCES
2. Strengthen your CHARACTERS
3. Build your CHEMISTRY
4. Have a strong sense of CULTURE OF EXECUTION
5. Get CONNECTED
Mudah diingat kan? 5C: Competences, Characters, Chemistry, Culture of Execution and Connected.
But mainly, you have to understand, that before you achieve the success you might need to struggle and have a "miserable" life first during your journey.
Salam Hangat
Pambudi Sunarsihanto