Translate

Sunday, August 09, 2020

7 Tingkatan Sales

*7 Tingkatan Sales*

Berdasarkan kompetensi dan jam terbang yang dimiliki seorang sales, ada 7 tingkatan yang akan selalu demikian terjadi di saat dirinya baru berkarier di bidang sales hingga bekerja bertahun-tahun lamanya dan memiliki kompetensi yang semakin dalam dan luas.

Pertama kali seseorang memilih menjadi seorang sales, maka dirinya harus siap menjadi seorang profesional yang mendatangi calon pelanggannya dan menjelaskan produk apa yang dijualnya *(professional visitor)*.

Semakin lama pengalaman yang dimiliki, maka seorang sales tersebut tanpa perlu menjelaskan dengan detail dan lama sesuai SOP, karena dia punya gayanya sendiri dengan cepat klien yang dihadapinya langsung fokus pada masalah harga (sales ini mampu membuat cepat keadaan klien dari cold menjadi hot dan langsung menanyakan masalah harga). Sales seperti ini disebut *Price Seller*.

Selanjutnya adalah seorang sales yang disebut juga dengan *Content Seller*. Sales ini lebih berpengalaman lagi, karena dia sebenarnya tidak menjual produk, hanya memberikan edukasi kepada klien, sedangkan klien juga tertarik untuk membeli tanpa merasa dipaksa, karena sesungguhnya dia membeli produk karena memang "butuh" setelah diedukasi dengan baik. Semua ini adalah proses Transaksional.
              

Berbeda dengan proses Konsultatif yang sifatnya lebih dalam dan lebih lama untuk men-closing seorang calon klien. Level 4 disebut seorang sales yang *Need Satisfaction Seller*, artinya Sales ini hanya menjual produk yang sangat customized, sesuai kebutuhan pelanggan yang dilayaninya. Mengapa customized? Karena setiap klien punya kebutuhan yang beragam dan tidak ada yang sama persis.

Level 5 disebut *Resourceful Expert*, artinya seorang sales sudah sangat dipercaya oleh klien yang bersangkutan, sedemikian seluruh kebutuhan terkait bidang tertentu (contoh: pipe, machine, dll) yang dijual oleh sales tersebut, seluruhnya diserahkan kepadanya untuk men-supply kebutuhan perusahaannya.
              

Level 6 adalah seorang sales yang disebut *Loyal Champion*, adalah seorang sales yang tidak akan lagi dikhianati oleh kliennya. Semisal ada sales lain sejenis yang menjual produk serupa kepada klien tersebut, maka klien itu tidak akan selingkuh dan berpindah hati ke sales lainnya.

Level tertinggi kompetensi seorang sales disebut sebagai *Trusted Advisor*, adalah seorang sales yang sudah dianggap oleh klien layaknya konsultan sesungguhnya. Hubungan baik yang tercipta sudah mengaburkan hubungan lama yang terjadi (seller-buyer), sebab hubungan mereka layaknya consultant-client, banyak hal yang ditanyakan ke sales ini oleh klien walau yang ditanyakan sudah "tidak nyambung" lagi dengan apa yang dijual olehnya. Misal ada customer yang tanya ke sales : *_"bro, menurutmu hadiah ultah istriku enaknya dikasi apa ya tahun ini?"_*

*Ditulis oleh :*
Dr. Sandy Wahyudi DSW
Like & Follow IG saya di :
https://instagram.com/dswsandywahyudi