Translate

Sunday, February 16, 2020

Bold Followership

_Maurice A. Buford dalam bukunya *"Bold Followership"*, menyebutkan untuk menjadi seorang follower yang berani diperlukan beberapa sifat yang bisa memberikan dukungan yang terbaik bagi pemimpin dan organisasinya._
Sifat-sifat yang diperlukan ada delapan yaitu: 
*1.Wisdom,* adalah kebijaksanaan mengambil wawasan yang diperoleh dari pengetahuan tentang cara-cara benar dalam organisasi dan menerapkannya dalam proses sehari-hari. 
*2.Humility* atau kerendahan hati, dapat didefinisikan sebagai kesadaran untuk bersyukur dengan ikhlas bahwa hidup adalah anugerah dan itu dimanifestasikan sebagai pengakuan tanpa pamrih tentang ketergantungan hidup tidak pada diri sendiri.
*3.Character,* nama yang baik identik dengan memiliki reputasi dan karakter yang baik. Variabel yang intangible ini, ketika hilang, dapat mengalihkan perhatian dan bahkan mengaburkan keberanian follower untuk bertindak dan berbicara kebenaran kepada penguasa atau demi keuntungan pribadi. 
*4.Connection,* adalah hubungan yang telah mereka bina. Sepanjang tahun-tahun kerja keras mereka dan komitmen untuk keunggulan, nama baik yg memperkenalkan mereka ke berbagai kepribadian, yang tanpa ragu-ragu akan menjamin etos dan nama baik mereka shg dengan senang hati akan bekerja dengan mereka lagi jika diberi kesempatan.
*5.Timing Tone,* Bold follower menerima kenyataan bahwa ada yang namanya "terlambat", tetapi mereka juga tahu bahwa "terlalu dini" keduanya bisa menjadi masalah. Maurice menyebutnya ini sebagai timing. 
*6.Tone,* bold follower sering kali menjumpai prmimpin yang keras dan tegas. Mereka perlu memahami pentingnya nada (tone), karena ada pepatah mengatakan "Jawaban lembut mengalihkan kemarahan, tetapi kata kasar membangkitkan kemarahan."
*7.Servant's Heart,* Seorang follower juga memiliki hati untuk melayani, servant's heart. dan yang terakhir adalah 
*8.Resourcefulnes,* kemampuan untuk menemukan cara yang cepat, ethis, dan cerdas untuk menyelesaikan persoalan dalam sikon yang rumit. #semangatberani #diehard