Translate

Thursday, November 01, 2012

Merancang Karier Sejak Dini

Oleh: Julianto Simanjuntak | 01 November 2012 | 08:06 WIB




By Julianto Simanjuntak**

Salah satu yang membuat hidup kita berguna dan  bahagia adalah memiliki karier yang pas. Berikut beberapa acuan  memilih Karier agar hidup berguna dan bahagia. Sangat bijak bila tips ini diajarkan pada anak-anak sejak dini.

1. Sesuai minat. Pilihlah pekerjaan yang Anda sukai, sesuaikan dengan cita-cita dan karakter.

2. Sesuai Bakat. Pilih pekerjaan yang mampu Anda jalankan. Persiapkan mulai dari pemilihan jurusan studi, baca buku dan ikut training berkala

3. Dibutuhkan banyak orang. Jika memungkingjan Usahakan memasuki pekerjaan yang dibutuhkan banyak orang tapi relatif masih sedikit yang terjun dalam karier tsb.

4. Cukup secara finansial. Usahakan karir Anda memberi kecukupan finansial, bahkan usahakan bisa lebih tentunya agar bisa saving dan berbagi.

5. Pilihlah lingkungan kerja,  tempat tinggal serta sahabat yang mendukung pertumbuhan karier Anda. Misal, usahakan jangan berpisah kota dengan keluarga. Berteman dengan sahabat yang rajin dan punya prestasi kerja. Lingkungan kerja dan atasan yang memberi semangat, bukan sebaliknya.

6. Pelihara semangat menghormati Orangtua dan mencintai keluarga. Sebab keluarga salah satu sumber motivasi dan kreasi yang membuat karier Anda meningkat. Jangan pilih pekerjaan yang malah merusak atau menjauhkan hubungan Anda dengan pasangan dan anak, meskipun mendapatkan gaji yang tinggi.

7. Jika memungkinkan, latih beberapa orang yang kelak mampu mengerjakan hal yang sama (multiplikasi).  Misal dengan menulis, memberi training atau mengajar. Kita akan bertambah semangat  karena dapat mewariskan ilmu dan skil kita yang berguna pada sesama

Semoga berguna dan bisa diajarkan pada anak-anak sejak dini.

Twitter @PeduliKeluarga

Sumber ilustrasi:

http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/trend/12/07/24/m7niwa-sukses-karier-dan-rumah-tangga-ini-dia-jurusnya-1
build-access-manage
at dayaciptamandiri.com