Translate

Friday, June 03, 2005

Start New All Over Again ?

Mungkin ini bukan yang pertama,
Beberapa tahun yang lalu, saya pernah berusaha juga dengan beberapa teman2. Dan menemui jalan buntu, usaha kami hanya bertahan satu tahun.
Semuanya habis-habisan.

Tahun 2002, saya bertemu dengan teman2 yang lain. Dengan harapan baru, kami melangkah. Modal lebih kuat, strategi lebih baik, fokus lebih baik.. tetapi tetap saja, perjalanannya tidak mudah. Oktober ini, tepat kami tiga tahun, ada langkah-langkah mudah, ada langkah-langkah berat..

Beragam perasaan kami lalui, mulai dari sedih luar biasa, bingung, hingga ke senang luar biasa, kagum luar biasa, inilah pengalaman kami sebagai entrepreneur muda..

Dalam bidang kami, tidak hanya kualitas yang diperhatikan tetapi juga keberadaan perusahaan, support, tim.. dan ini kami perhatikan dengan seksama, tetapi tetap toh, tidak semudah yang kami bayangkan. Potensi yang kami temui dimana-mana luar biasa banyaknya. Seolah kami tidak pernah kehabisan potensi dan klien, tetapi memang tidak semuanya berbuah baik. Ada yang begitu close, bisa lewat juga. Ada yang jauh, tau-tau kirim Purchase Order. Uniknya dunia bisnis.

Beberapa tahun berkancah di dunia selain teknikal + marketing, membuat wawasan saya semakin luas, ternyata dunia bisnis ini tidak semudah yang dibayangkan banyak orang. Lebih dituntut kreatifitas, bagaimana menyajikan produk dan layanan kita sebaik mungkin, dengan biaya serendah mungkin, dan dukungan sebaik mungkin.

Dalam beberapa diskusi dengan teman-teman bisnis, ternyata membuat perusahaan yang terdiri dari beberapa orang sedikit banyak sering menjadi kendala di kemudian hari. Dan akhirnya, keluarlah satu-satu dari perusahaan itu, mendirikan dan memandirikan. Saya pikir, ini hal yang wajar, dimana titik kemapanan dan kemandirian inilah yang sebenarnya didambakan setiap orang. Baik perusahaan kecil, besar, bahkan seukuran Microsoft sekalipun.

Sekarang, timbul pertanyaan kecil dalam diri saya, "do i have to start all over again ? "

Simple question, hard to answer. Butuh beberapa hari buat saya untuk menjawab hal itu dengan bijaksana. Bukan hanya karena faktor mandirinya, tetapi sedikit banyak - mengulang semua dari awal... Inilah yang ditakutkan. Butuh waktu 3 bulan bagi saya untuk mengupdate semua relasi, baik yang langsung ataupun tidak langsung untuk mengupdate status pekerjaan, nomor telepon, alamat kantor, email dlsb. Butuh waktu 8 bulan bagi saya untuk mendapatkan client dengan proyek besar, dan perlu waktu berhari-hari bagi saya untuk berjalan kesana kemari memperkenalkan produk dan layanan baru.. Tapi inilah yang ditakutkan.

Saya pikir, kenapa harus takut, saya pernah menjalaninya, dan tidak ada masalah harusnya untuk dijalani kembali. Saya mengingat dengan baik, saya memiliki data yang lengkap mengenai semua relasi saya, baik melalui email, telepon, alamat mereka, kartu nama mereka.. dan selama ini, sebagian besar dari mereka saya jangkau dengan email. Artinya marketing database telah saya bangun selama ini. Jadi tidak ada masalah.

Saya masih ingat benar - karena banyaknya aktifitas marketing melalui email, ada beberapa alamat email yang menganggap email saya sebagai SPAM. Buat mereka, saya harus berikan pengecualian.

Jadi, tidak ada masalah seharusnya untuk memulai segala sesuatunya - kembali dari nol, asalkan semua nya memang kita dokumentasikan dengan baik. Kita tinggal mengupdate mereka dengan data terbaru kita, dan jangan lupa - produk dan layanan kita.

fanky@dayaciptamandiri.com
entrepreneur-indo@yahoogroups.com