Translate

Tuesday, June 07, 2005

Kibarkan Bendera Itu !

Sudah lama sekali sepertinya tidak nonton bola di pagi-pagi hari. Setelah seharian bekerja, kemudian pulang ke rumah, beristirahat, tiba-tiba aku bangun, dan menonton pertandingan ini, Portugal vs Slovakia.

Detik-demi detik, aku mengikuti pertandingan ini, dan aku cermati, meskipun Portugal telah unggul 2 - 0, tetap saja ritme pertandingan dan kecepatan mereka melakukan serangan tidak kalah cepatnya dengan lawan yang ketinggalan angkanya.

Hal ini mengingatkan aku sedikit banyak tentang betapa kita tidak boleh menyerah, baik pada waktu memulai, sedang menjalankan ataupun pada saat akan mengakhiri sesuatu pekerjaan. Semangat yang tidak mengenal lelah ini sangat diperlukan, bukan hanya oleh marketing, tim teknis, manajemen, bahkan oleh office-boy sekalipun.

Hari ini, supirku ganti lagi, dan kembali aku membangun semangat baru dengan si sang supir yang akan selalu menemani aku kemana pun aku keliling ibukota ini. Semangat baru yang selalu menyelimuti kita dipacu dari dalam, dari keinginan untuk tetap maju, tetap berkarya, apapun yang kita kerjakan.

Dan semangat ini mengingatkan aku betapa menjadi seorang entrepreneur sangat membutuhkan semangat ini. Dukungan dari keluarga, rekan-rekan dan rekanan bisnis memacu semangat ku untuk mengembangkan terus potensi dan kemampuan serta kerjasama yang selama ini telah aku pupuk puluhan tahun. Dalam hari ini saja, aku menemukan, betapa office-boy yang selama ini melayani di kantor, dengan antusias melihat aku datang dan sigap membantu kebutuhanku setelah satu minggu ini aku absen karena sakit. Tim teknis yang ikut keliling denganku hari ini, juga menunjukkan hal yang sama. Dia bilang, dia jenuh di kantor seminggu ini karena hanya melakukan aktifitas yang rutin. Aku bilang, silahkan saja datang ke site client, karena memang kita punya kewajiban untuk itu. Dan semangat ini membanggakan aku. Demikian juga dengan tim account managerku yang dengan setia melakukan follow up dan mengejar deadline yang aku berikan minggu lalu. Nach, tentu saja tidak ada alasannya untuk aku untuk tidak bersemangat di tengah lingkungan yang bersemangat.

Dukungan yang sama juga aku rasakan dari beberapa rekan yang selama ini memang aktif mendukungku, baik melalui email atau sms. Dan meskipun aku selalu menjual produk dan layanan baru, tetap mereka dengan antusias ingin tahu lebih detail dan menyatakan betapa bagusnya produk dan layanan yang aku miliki saat ini. Dengan adanya dua-bendera yang sedang aku besarkan, aku harapkan bendera yang lebih dahulu aku kibarkan dan sekarang ini sedang menanti angin keras untuk berkibar, ia akan mendapatkan angin untuk berkibar. Demikian juga dengan bendera kecil yang sedang aku naikkan ini, aku harapkan juga angin kecil memeliharanya berkibar. Dan semangat aku untuk mengibarkan bendera ini tidak boleh padam, sekalipun.

Sambil menonton tv, aku kagumi semangat dan perjuangan para pemain tim sepakbola, sekagum aku dengan tim kerja di belakangku yang mendukungku selama ini. Maju terus, kawan.. jangan gentar !

Fanky Christian
Bendera 1 : Padutama.com
Bendera 2 : DayaCiptaMandiri.com