Translate

Thursday, April 25, 2024

All You Need Is A Browser

 Dalam dua minggu ini, saya sedang mencoba bekerja dengan menggunakan HarmonyOS, sebuah OS yang sedang naik daun, dan digunakan dalam berbagai perangkat Huawei saat ini.

Sewaktu mencoba, saya memikirkan, ingin membeli perangkat termahal, sebut saja Huawei Matepad 11.5 yang sedang ramai promosinya. Akhirnya saya berpikir sebaliknya, membeli perangkat termurahnya, yaitu Huawei Matepad 10.4 yang seharga 2 juta.

Saya mengikuti banyak orang, menggunakan Gspace, karena memang sebagian besar aktifitas saya menggunakan lingkungan Google. Dan 2 minggu ini saya libur menggunakan Chromebook, beralih penuh ke Huawei Matepad murah ini.

Aplikasi utama yang pasti saya perlukan adalah browser Chrome. Semua pekerjaan saya, email dan data, serta sosial media diakses via browser. Sebenarnya mirip juga, Waktu gunakan Chromebook, sebagian besar diakses via browser Chrome.

Untuk komunikasi, aplikasi Telegram, Instagram itu yang saya pasang, sisanya diakses via browser. Untuk kegiatan aplikasi office, saya menggunakan WPSOffice yang sekarang sudah beberapa tahun menggantikan Office365 yang ada.

Bekerja dengan Matepad10.4

Memang benar, ada beberapa pekerjaan kantoran yang bisa dibantu dan digantikan hanya dengan menggunakan Huawei Matepad10.4 ini. Sederhananya selama itu bisa diakses dengan browser Chrome, maka semua bisa digantikan.

Bedanya adalah, semua datanya kita harus simpan di cloud. Storage yang ad di perangkat ini kecil, jadi tidak bisa menyimpan data yang banyak. Tapi sebagian besar pekerjaan kita memang sangat bergantung kepada ketersediaan jaringan Internet dan storage yang ada di cloud.

Memang masih menjadi pertanyaan saya, siapa yang mengembangkan aplikasi Gspace ini. Apakah Huawei sendiri? Atau ada pihak pengembang di luar huawei? Apakah Gspace aman? Ini yang masih dipertanyakan banyak orang.

Apapun itu, memang saya sudah mulai bisa merasakan bekerja simple denga hanya menggunakan tablet murah sepert Huawei Matepad10.4 dan keyboard wireless.

Bagaimana dengan anda? Kapan mau mencoba HarmonyOS?

Sumber: https://www.linkedin.com/pulse/all-your-need-browser-fanky-christian-z1mwc/