Translate

Thursday, January 25, 2024

Menangkap Momentum Hidup

Menangkap Momentum Hidup

Pdt. Em. Samuel lie


Yunus 3:1-5,10

Mazmur 62:6-13

1 Kor 7:29-31

Markus 1:14-20


Kairos, momentum hidup.

Yunus


Tuhan memanggil mereka.


1 Kor 7:29, apa maksudnya? Saat itu jemaat berada dalam masa penganiayaan pemerintah Romawi. Dan penderitaan semakin berat. Pekerjaan untuk melayani , bersaksi bagi Tuhan, itu adalah kesempatan. Gereja Tuhan dianiaya, dan bait Allah diruntuhkan. Bagi orang-orang berdosa, kesempatan pertobatan juga merupakan kesempatan langka.


Kisah Yunus pasal 3, dia berkhotbah apa yang akan dilakukan Allah. Ada 120 ribu orang bertobat. 


Yunus pun juga mengambil kesempatan kedua. Yunus artinya merpati, Yoona, burung merpati.  Merpati punya makna baik dalam Alkitab. Sewaktu Nuh terdampar menunggu banjir besar, dia melepas burung gagak, kemudian burung merpati. Merpati lambang ketaatan, kesetiaan pada tugas. Merpati kembali membawa daun zaitun. Merpati simbol ketulusan. 


Merpati juga hewan kurban, yang diserahkan di Bait Allah. Yesus berusia delapan hari, disunat di bait Allah, orangtuanya mempersembahkan burung tekukur dan merpati.


Perilaku Yunus jauh dari seorang nabi. Nabi, itu seharusnya juru bicara Allah. Penyambung lidah Allah , karena kalau Allah langsung, umat Israel ketakutan. Nabi seharusnya berbicara seperti yang Allah minta. Punya kebijakan yang sama dengan Allah.


Kalau kita diutus untuk melawat teman kita, maka kita diberikan mandat untuk berbicara, bukan malah sebaliknya menjelekkan yang mengutus.


Yunus yang sebenarnya tidak cocok jadi nabi. Tetapi dalam pasal 3, ada kesan dimana Tuhan memaksa Yunus untuk taat. Setelah dicaplok ikan besar dan memuntahkannya ke darat, dan perintah Allah disampaikan.


Mengapa masih Yunus , apakah tidak ada orang lain ?


Tuhan memang berdaulat, memanggil siapa pun yang dikehendaki Nya. Tuhan bisa memanggil siapapun. Saulus yang pintar karena guru nya Gamaliel, hingga nelayan yang sederhana. Allah ingin memberikan kepercayaan kepada orang yang dipilihnya untuk menjadi mitra, rekan sekerja Allah.


Kisah para Rasul 8, perintah kepada Filipus. Mengapa via filipus? Karena Tuhan punya rencana.


Mengapa malaikat Tuhan datang kepada Paulus, untuk datang kepada Kornelius. Dia bingung dengan penglihatan yang dialaminya. Setelah diundang ke rumah Kornelius, dia mengerti maksud Allah yang ingin memberikan anugrah Allah kepada semua bangsa.


Bila Yunus tidak merespon, maka Yunus akan rugi, karena akan jadi contoh pelayan yang tidak taat. 


Markus 1, Simon, Andreas , Yakobus, Yohanes, mereka mendengar ajakan Yesus. Meninggalkan jalanya dan mengikuti Yesus.


Panggilan keselamatan, panggilan pelayanan merupakan momen yang belum tentu berulang. Itu adalah respon iman yang harus kita lakukan.


Tuhan mau membentuk karakter Yunus melalui kelemahannya ini. Melalui pohon jarak yang dia berteduh. Tuhan memakai kedongkolan kita untuk membentuk kita. 


Tuhan menerima kita apa adanya, tapi Dia tidak akan membiarkan kita adanya apa, Dia akan membentuk kita. Sama seperti Yunus.