Translate

Monday, January 15, 2024

Hidup bukan milik kita sendiri


Ev. Cahya 


Hidup  bukan milik kita sendiri

1 Sam 3:1-20

Mazmur 139 : 1-6

1 Kor 6:12-20

Yohanes 1:43-51


Hana sangat mengharapkan anak, terus berdoa kepada Tuhan, anak ini akan jadi persembahan bagi Tuhan.


Samuel, artinya pemberian Dari Allah, diserahkan ke bait Suci, dibawah Imam Eli. Ada kisah Samuel dipanggil oleh Tuhan. Setelah panggilan yang ketiga, Imam Eli sadar ini adalah panggilan Dari Allah. Samuel belum mengenal Firman Tuhan.


Allah menyatakan Firman Tuhan, teguran yang diberikan Allah kepada umatNya akan membuat umatNya tidak nyaman (berdenging telinganya)


Firman Allah, teguran pertama kepada keluarga imam Eli. Sblmnya Allah sendiri memerintah (teocentris), dan dinyatakan melalui imam-imam. 


Sebelumnya melalui Hakim-hakim, setelah itu tidak ada lagi, banyak generasi yang tidak tahu, termasuk anak-anak imam Eli. 


Samuel dipersiapkan Allah menjadi nabi . Ada yang mengatakan Samuel ini nabi pertama sekaligus hakim terakhir.


Sejarah, History = His Story, kisah Allah yang menjadikan langit dan bumi. 


Samuel mengerjakan apa yang Tuhan kehendaki. Kolaborasi dan perkenan Allah atas diri Samuel.


Pemilu akan berlangsung, kita tahu Allah melindungi Indonesia, tapi kita perlu juga berkolaborasi, berpatisipasi dalam pemilu.


Tubuh, hidup kita adalah milik Allah. Paulus menasihatkan soal percabulan. 

Ada tanda petik di ayat 12, 13. Kota Korintus, kota perdagangan, mereka banyak yang suka makan minum dan mabuk, kemudian sex bebas. Ada juga yang lain, setelah pesta makan minum, mereka akan mabuk dan berdebat.


Pesta seksual dikaitkan dengan tubuh yang dimiliki Tuhan. Jemaat Korintus masih terpengaruh, Krn ada ajaran Yunani yang meyakini tubuh ini sudah rusak, jadi boleh digunakan seenaknya.


Ibadah jalan, korupsi juga jalan. Itu yang banyak terjadi juga.


Filsafat Jawa, Manunggaling Kawulo Gusti, manusia menyatu dengan Tuhan. Kita yang sudah menjadi milik Allah, hidup kita, tubuh kita dikuasai oleh Tuhan, menikmati, satu frekuensi dengan Allah.


Kekristenan di Jawa, kyai Ibrahim sudah jadi Kristen. Kyai Sadrak juga ada. Yang menyebarkan agama Kristen dgn tradisi Kejawen. 


Natanael langsung menyambut menjadi murid Yesus. Galilea ada banyak kota, ada danau Galilea. Apa sih yang baik dari nazareth? Dia merasa nothing krn berasal dari Kana, dekat Nazareth. Inilah perasaan Natanael yang merasa tidak ada spesial dalam dirinya. Yesus berkata, Dia mengenal Natanael, percakapan ini yang membuat Natanael berpikir berbeda. Ayat 49, pernyataan iman Natanael kepada Tuhan Yesus.


Apa yang sudah kita lakukan bagi orang-orang sekitar kita? 


Allah yang mengatur sejarah umat manusia.


Allah yang memiliki hidup ini 


Allah memanggil kita untuk menjalani panggilanNya.



Merespon dengan ketaatan, mendatangkan damai sejahtera.