Translate

Wednesday, March 13, 2019

HOW TO BE A GOOD TEAM PLAYER?

HOW TO BE A GOOD TEAM PLAYER?

Namanya Indah. Hari itu dia mengajak saya makan siang sambil mencurahkan isi hatinya. Indah (bukan nama sebenarnya) bekerja di sebuah perusahaan technology dari Amerika.
Indah adalah seorang super star sejak kecil.
Indah pintar, selalu menjadi rangking 1 sejak SD sampai dengan lulus dari ITB, dan Indah juga (kebetulan) cantik memikat.
Wajar kalau Indah selalu menjadi perhatian teman temannya (terutama yang pria), wajar juga kalau Indah mempunyai ego segedhe gajah.

Dengan rasa percaya diri yang super tinggi, Indah juga memulai kariernya di perusahaan itu. Performance nya selalu bagus, kenaikan gaji, bonus dan incentive nya selalu tinggi.
What is the problem?

Ternyata beberapa kali Indah tidak dipromosikan, bahkan dilangkahi oleh teman temannya yang performance nya tidak sebagus dia.
Bahkan ada temannya (lulusan ITB juga) yang sekarang menjadi bossnya.
Apakah anda bisa membayangkan bagaimana hal itu menampar ego Indah (yang egonya segedhe gajah)?
Pergilah Indah ke HR Managernya dan meminta penjelasan, kenapa dia tidak dipromisikan.
Indah sempat tersinggung dan marah-marah kepada HR managernya.
Tetapi ternyata Indah harus mengakui bahwa HR manager nya memang mampu menjelaskan dengan baik.
Dan Indah pun dengan berbesar hati menerima penjelasan ini.

Indah menerima penjelasan tentang performance dan potential. Bahwa untuk dipromosikan menjadi leader tidak hanya diperlukan performance yang bagus, tetapi juga dibutuhkanbeberapa kompetensi lain seperti:
- Business Understanding
- Influencing skills
- leadership
- Teamwork

Indah pun bertanya,"Mas Pam, saya sangat mengerti competence competence itu. Dan saya sangat mengerti bagaimana saya akan mengembangkan kompetensi itu. Yang saya masih bingung malah yang kelihatannya sederhana, teamwork!"
Apa sih sebenarnya team work itu? Dan bagaimana saya mengembangkan team working skills saya? "
Wow kasus ini menarik untuk dibahas.
Memang belum tentu semua good performer bisa menjadi good leader (lihat saja Maradona yang the best player in the world tapi waktu menjadi pelatih kariernya hancur).
Dan memang untuk itu salah satu kompetensi yang dibutuhkan adalah leadership dan team working skills.
Sayangnya begitu banyak buku ditulis tentang leadership, tetapi jarang sekali ditulis tentang bagaimana menjadi teamworker yang baik.
Hari ini saya akan mengupas tentang karakter apa saja yang diperlukan untuk menjadi teamworker yang baik.

Ingat seorang team worker akan disukai teman temannya, disukai anak buahnya dan disukai bossnya.
Karena itu mudah bagi seorang team worker untuk mempengaruhi orang lain . Dan akibatnya team worker (atau team player) akan mencapai objective nya lebih mudah daripada yang lain. Dan itulah mengapa team player lebih mudah mendapatkan promosi daripada yang lain.
Di sini saya akan memberikan tips tips bagaimana menjadi team worker yang baik ....
Kita bahas satu persatu

1. TAKE INITIATIVE

Seorang team player akan mengambil initiative untuk kepentingan groupnya. Idenya banyak. Dan juga selain mempunyai ide, dia juga menjadi sukarelawan untuk mengimplementasikannya demi kemajuan bersama.

2. ENERGIZE YOUR TEAM

Seorang team player membawa energy yang positive ke teamnya, ceria, banyak senyum, bahkan kadang kadang menghibur teman temannya. Tidak cemberut, tidak moody (meskipun PMS), tidak sombong, tidak ja-im. Karena mudahnya dia bergaul, team player akan menularkan positive energy ke teman temannya satu team.

3. ASK QUESTIONS

Seorang team player itu rajin bertanya. Kalau tidak mengerti dia bertanya. 
Sehingga teman temannya yang malu bertanya juga akan ikut senang , karena pertanyaannya dia jadi mengerti.
Juga bertanya apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, jadi semuanya jelas. Dan bertanya apakah idenya (yang baru) boleh diimplementasikan atau tidak.
Ask ! Ask ! Ask!

4. MEET AND EXCEED YOUR OBJECTIVE

Gak ada gunanya jadi team player yang fun dan entertain teman temannya kalau dia sendiri tidak mencapai objectivenya.
Hellooooo!
Tugas utama seorang karyawan adalah mencapai (atau bahkan melampaui) target yang dicanangkan perusahaannya.
That s the first priority and you should do it!

5. WELCOME CHANGE

Seorang team player yang baik tahu bahwa dunia dan bisnis akan terus berubah. Maka mereka tidak takut akan perubahan.
Mereka menyesuaikan diri dengan perubahan bahkan menjadi pioner yang menjadi change agent untuk membantu teman temannya melalui masa perubahan dengan baik.

6. OFFER HELP

Team player tidak hanya focus pada pekerjaannya, tetapi juga menawarkan bantuan ke teman temannya.
Dan ini sangat berguna bagi perusahaan.
Dan tentu saja , teman temannya (dan juga boss nya) akan mengingat ingat hal ini juga.

7. REACH OUT

Seorang team player tidak berdiam diri dan duduk di pojok, tetapi juga sering reach out, menghampiri teman temannya, sekedar say Hello, atau mengajak lunch atau menawarkan bantuan.
How often do you do that?

8. Know your strength and weakness

Last but not least, team player itu tahu apa kekuatan dia dan apa kelemahan dia?
Mengapa?
Karena dengan mengetahui kekuatan dia, dia bisa perform sebaik mungkin dan juga membantu teman temannya.
Dan dengan mengetahui weaknessnya dia, dia bisa mencari teman yang kekuatannya justru di situ sehingga mereka saling melengkapi.
Tapi ingat ... strength before the weakness, and give before you receive!

So, remember this is what you can do to be a great team player ...
1. TAKE INITIATIVE
2. ENERGIZE YOUR TEAM
3. ASK QUESTIONS
4. MEET AND EXCEED YOUR OBJECTIVE
5. WELCOME CHANGE
6. OFFER HELP
7. REACH OUT
8. Know your strength and weakness

Apakah anda memperhatikan bahwa kedelapan karakter tersebut kalau disingkat menjadi TEAMWORK?

Salam Hangat
Pambudi Sunarsihanto




Fanky Christian
IT Infrastructure Specialist
Smartcityindo.com
StartSmeUp.Id

Chairman DPD DKI APTIKNAS
Vice Chairman ASISINDO
Secretary ACCI