Translate

Saturday, April 07, 2018

DESIGNING A MESSAGE FOR THE CHANGE

DESIGNING A MESSAGE FOR THE CHANGE

Kita tahu bahwa saat ini banyak perubahan sedang menjalankan perubahan dalam bisnisnya. Wajar, dunia terus  berubah, bisnis terus berubah, market oberubah, customer requirement pun  berubah. Dan tentu saja perusahaan yang tidak berubah akan punah.

Siang hari itu kami berkumpul dengan belasan HR Director dari beberapa perusahaan  besar di Indonesia untuk saling sharing tentang best practice kami dalam menjalankan transformasi bisnis, biasanya kami berkumpul dua bulan sekali dengan tema yang berbeda-beda.
Kemudian tampillah seorang woman leader yang dengan semangatnya sharing pengalaman beliau.
Sebut saja namanya Ibu Milea(bukan nama sebenarnya), seorang HR Director sebuah bank yang terhitung sangat besar di Indonesia dengan strong presence di seluruh wilayah negeri ini.

Ibu Milea sharing bahwa dunia perbankan sedang mengalami perubahan yang sangat drastis. Dari traditional banking di mana  banyak pelanggan pergi ke kantor cabang menjadi digital banking di mana pelanggan akan jauh lebih suka ke ATM dan melakukan Mobile Banking.
Bahkan di beberapa negara konsep-konsep FinTech sudah melanda kehidupan sehari-hari. Di China orang-orang di pasar sudah melakukan transaksi membeli sayur-mayur dengan menggunakan WeChat.

Tentu saja hal ini akan membawa perubahan bisnis yang dahsyat bagi bank manapun. Dan ini menyangkut perubahan bisnis, process, way of working dan competences. Mau tidak mau semua orang harus belajar competence yang baru, atau pelan-pelan akan tersingkir dengan perubahan jaman.

Bu Milea menyatakan bahwa setiap kali tanpa lelahnya dia selalu menyampaikan hal itu ke semua orang di bank di mana dia  bekerja. Kepada senior management, kepada middle managers, supervisor, serikat pekerja dan semua karyawan, Bahwa dunia akan terus berubah dan yang survive hanyalah mereka yang akan mampu menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut.

Bu Milea (gak ada hubungan dengan nama tokoh wanita di film indo yang lagi popular itu) menyampaikan itu dengan berapi-api. Saya kagum banget pada kecantikan wajahnya (eh!), kecerdasan otaknya dan semangatnya yang sangat passionate.

I fully agreed with Bu Millea, she said something right. A change message has to be communicated over and over again to the people so they understand and willing to change!

Terus bagaimana sebuah change message harus di-design? Sebenarnya sederhana sih, karena message itu harus menyampaikan arah yang dituju. Sebuah kondisi yang belum kita punyai sekarang tapi kita semua sedang bekerja keras untuk mencapainya di masa datang (desired situation!).
Jadi message nya harus inspiratif dan menambah semangat seluruh karyawan. 
Tetapi jangan terlalu bombastis , tidak muluk-muluk, dan masih realistis.
Contoh ....
Sebuah perusahaan telekomunikasi pernah mempunyai change message "1-2-3" : 
To be No. 1 in Quality
To be No. 2 in market leadership
In 3 years time
Voila! Clear, ambisius, realistis.

Jadi apa kriteria sebuah change message yang bagus? Ada 3 kriteria yang kita bisa gunakan ....

0. ACHIEVABLE

Apakah yang dicanangkan benar-benar bisa dicapai?
Apakah realistis? Apakah tidak terlalu muluk? Apakah tidak membuat karyawan anda malah sinis?
Apakah message itu akan membangkitkan semangat seluruh karyawan anda?

0. BELIEVABLE

Apakah seluruh karyawan akan percaya bahwa leadership team benar benar akan serius dan focus untuk mencapainya? 
Apakah ini bukan sekedar sebuah "lips service"?
Apakah leadership team benar benar akan menginvestasikan waktu, focus, priority, budget dan energy untuk mencapainya?
Walk the talk! Show the money where your mouth is talking!

0. TRANSFERABLE

Apakah leader-leader di middle level dan junior level bisa mengerti dan cascade-down ke team mereka? Apakah mereka akan mampu mentransfer visi tersebut ke action yang benar-benar diimplementasikan oleh teamnya?
Apakah message itu akan membuat mereka semua bangga menjadi bagian dari peruaahaan itu?

Voila, dengan tiga kriteria itu, change message anda bukan hanya inspiring tetapi juga akan implementable! 

Jadi ingat ya, sebuah change message yang relevant, inspiring dan realistis itu harus memenuhi 3 kriteria di bawah ini ...

0. ACHIEVABLE
0. BELIEVABLE
0. TRANSFERABLE

Ketiga kriteria itu akan membantu anda memastikan bahwa perubahan anda bukan hanya sebatas slogan, tetapi juga bahwa mereka akan benar benar menjalankan perubahan tersebut.
Because "change is moving from what you know, to what you do"

Selamat mencoba!

Salam Hangat

Pambudi Sunarsihanto