Translate

Friday, January 26, 2018

ENGAGE EVERYBODY IN INNOVATIONS

ENGAGE EVERYBODY IN INNOVATIONS

Kali ini kita coba memulai diskusi kita dengan sebuah pertanyaan.
"Dalam bahasa Inggris, sebutkan 4 (empat) nama hari dalam seminggu yang dimulai dengan huruf T?"

Yuk coba jawab.
Banyak di antara anda hapal nama-nama hari dalam bahasa Inggris... Monday, Tuesday, Wednesday .... etc. Dan anda akan ketemu dua nama hari : Tuesday and Thursday.  
Terus apa nama dua hari yang lain? Yuk fikirkan lagi ....

Ada yang mencoba dengan menjawab "Twelve of January, Twenty of January, ...."
No, itu tanggal, bukan nama hari. Coba lagi .....







Dan beberapa akan menemukan jawabannya ...
Dua nama hari yang lain yang dimulai dengan huruf T adalah Today dan Tomorrow!

Beberapa di antara anda tidak menemukan jawaban, karena kita seringkali terjebak dalam paradigma lama bahwa nama-nama hari itu hanya Monday, Tuesday, Wednesday ... etc
Padahal Today and Tomorrow are also english words and representing the specific days.

That's thinking outside of the box. That's creativity. Ini adalah salah satu cara untuk menyelesaikan masalah baru dengan cara baru dan mendobrak dogma dan paradigma yang lama. 

Dan itulah yang saat ini kita hadapi dalam bisnis kita.
Permasalahan yang kita hadapi saat ini semuanya masalah baru, lebih rumit, lebih rancu (ambigu). Dan tentunya ini menuntut kita untuk berdikir dengan cara-cara baru yang belum pernah kita lakukan sebelumnya!

Kita dengarkan cerita Martha, seorang CEO di sebuah perusahaan yang sukses luar biasa selama puluhan tahun.
Hari itu saya Dinner dengan Martha di sebuah restoran Italy di Plaza Senayan.
Sambil minum aperitive, Martha memulai ceritanya....

Perusahaan Martha sudah sukses selama puluhan tahun. Business growthnya phenomenal, double digit growth selama 15 tahun.
Mereka memang punya product andalan yang sangat innovative. Jadi mereka juga memetik buah yang sudah ditanamkan oleh para pendahulu mereka.
Masalahnya sekarang competition sudah semakin keras, pesaing mereka datang dengan product yang lebih menarik, harga yang lebih murah, dan marketing yang lebih agresive!
Dan tahun ini untuk pertama kalinya growth mereka kecil sekali. 
Kompetisi semakin ketat,
mereka harus berinovasi.

Masalahnya inovasi tidak bisa dilakukan oleh segelintir orang. Inovasi itu bukan hanya menciptakan product, tetapi juga menciptakan proses, cara baru mendekati customer ...etc.
Dan ini harus dilakukan oleh semua orang di organisasi.
Padahal seringkali di sebuah perusahaan, mereka sudah terbiasa dengan cara cara lama.

Kita dengarkan lagi cerita Martha...

Dulu product kami laris manis, bahkan kami tidak perlu menjual sebenarnya, pelanggan sudah antri, karena jumlah demand jauh lebih banyak daripada supply. Itu dulu. Sekarang competitor kami banyak. Kami harus mengganti pola pikir dan cara kerja kami. 

Sayangnya banyak sekali perusahaan yang mengalami nasib seperti Martha. Begitu banyak karyawan yang merasa loyal dengan perusahaan, sudah bekerja puluhan tahun dengan perusahaan, tetapi tidak mau berubah. Masih tenggelam dalam mimpi dan ilusi jaman dulu. Dipikirnya bahwa apa yang dilakukan dulu (dan pernah membuat perusahaan menjadi jaya waktu itu), masih bisa dikerjakan terus menerus.

Heiiiyyyy!!! You cannot solve the new problem with the old way of thinking, the old way of doing and the old way of working! It wont work!

Kita harus mengubah mindset dan cara kerja kita, menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi di luar sana. Change or die!

Terus bagaimana menjalankan inovasi agar semua orang dapat terlibat?
Ikuti lima langkah di bawah ini ...

0. Creativity

Ajarkan ulang tentang creativity kepada semua orang. It is about looking at things from different perspective. Cari sudut pandang lain untuk melihat sebuah masalah, dan mencoba melahirkan solusi-solusi baru sebanyak-banyaknya sebelum diterapkan . Jangan sampai mengulang ulang cara lama.
Jangan sampai juga baru ketemu satu solusi langsung diterapkan.
Keep inventing new solutions to your business challenges.

0. Connected

Pastikan bahwa semua karyawan anda mengenal pelanggan anda. Connect to your customer. Understand their behaviors . Anticipate their behavior change with the updated product and services that you offer. This can only happen if your employees are connected and understand your customers
 
0. Consistent

Perusahaan anda, product anda punya roh, perusahaan anda punya brand identity. Meskipun anda berinovasi, anda tetap harus consistent pada brand identity anda.

Misalnya , Kalau customer anda mengenal anda, karena quality anda yang paling bagus, ya inovasi anda juga harus mempunyai standard quality yang tinggi!

0. Communicate

Komunikasikan inisiative perusahaan untuk berinisiatif secara internal dan external.
Semuanya harus mengerti tentang inovasi yang dikerjakan. Bukan hanya "what" dan "how" nya. Tetapi terutama "why" nya.
Semua orang harus mengerti mengapa inovasi harus dilakukan. Terangkan bahwa itu wajib dilakukan untuk memastikan kesuksesan perusahaan pada jangka panjang!

0. Celebrate together

Terakhir, celebrate together. It will take a lot of effort and harworks from everybody.
Jangan menunggu sampai garis finnish. Rayakan keberhasilan di setiap etape bersama sama.
Reward beberapa individu yang memegang peranan penting dalam proses inovasi tersebut!

Jadi ingat ya, untuk memastikan bahwa semua orang akan terlibat dalam proses inovasi di perusahaan anda, anda harus memperhatikan kelima faktor di bawah ini ...

0. Creativity
0. Connected
0. Consistent
0. Communicate
0. Celebrate together

Salam Hangat

Pambudi Sunarsihanto