Translate

Sunday, April 05, 2015

Belahan jiwa

KLAPROJECT:
Membaca lagi surat-suratmu, hatiku jatuh rindu 
Tak sadar pada langit kamarku, kulukis kau di situ 
Waktu yang berlalu, dan jarak masih saja terbentang 
Penamu bicara, menembus ruang menyapa sukmaku 
Mendesah lembut angin membawa butiran hati lara 
Ternyata meraih kesempatan, tak semudah kusangka 
Kau setia menunggu lelaki kecil menantang hidup 
Kau sertakan do'a, seolah mantra menjelma nafasku 
Memendam tanya seg'ra terucap 
Belahan jiwa apa kabarmu 
Kuharap s'lali tetap kau jaga 
Tumbuhan cinta yang di ladang kita ... 
Kau setia menunggu lelaki kecil menantang hidup 
Kau sertakan do'a, seolah mantra menjelma nafasku 
Memendam tanya seg'ra terucap 
Belahan jiwa apa kabarmu 
Kuharap s'lali tetap kau jaga 
Tumbuhan cinta yang di ladang kita 
Aku ... jauh di sini menggapai cita 
Hingga ... satu saat pasti ku kan kembali 
Kan kujemput dikau Sang Putri, pada saatnya nanti 
Berkereta kencana kubawa pergi, 'tuju istana di sana ku bertahta 
Memendam tanya seg'ra terucap 
Belahan jiwa apa kabarmu 
Kuharap s'lali tetap kau jaga 
Tumbuhan cinta yang di ladang kita 
Aku ... jauh di sini menggapai cita 
Hingga ... satu saat pasti ku kan kembali


Belahan jiwa, itu kata yang saya baca, dan saya langsung ingat lagu ini. Lagu ini seolah mewakili konsep 'belahan jiwa' dalam pikiran saya. Akh .. Meskipun itu mungkin saja, 20-25 tahun yang lalu , tapi setidaknya menarik untuk dibahas. 
Belahan jiwa bisa menunjukkan satu tapi terpisah menjadi dua. Menjadi dua belahan. Belahan ini mungkin saja sama bentuk, sama rata, atau mungkin juga seperti terbelah, tidak sama, tetapi apabila digabung menjadi satu bentuk.
Rasanya, apabila ini menggambarkan dua pasang sejoli, mungkin saja kita anggap adalah belahan yang bentuk nya sama, dan apabila digabung menjadi sempurna satu bentuk. Tapi lihatlah apa yang terjadi sebenarnya. Dua sejoli ini tidak pernah sama, artinya bentuknya sangat mungkin tidak sama. Tapi apabila digabung , maka akan menjadi bentuk yang satu. Dua menjadi satu. Bukan satu dipecah menjadi dua.
Jadi , sangat besar, belahan jiwa kita, adalah orang yang justru, dan sangat mungkin, tidak sama, berbeda, bisa bumi dan langit dengan kita. Tetapi, apabila kita bersama, kita bersatu, maka perbedaan ini, akan saling melengkapi. Saling mengisi, kekosongan yang satu diisi lainnya. Kelemahan yang satu diisi dengan kekuatan lainnya, kekuatan yang satu, juga dilemahkan oleh yang lainnya. Intinya, kedua ini menjadi satu, blended, menyatu.
Lagu tadi seolah mengisyaratkan itu. Kedua sejoli itu, yang satu setia menunggu, yang satu setia menjalani hidup untuk kembali. Yang satu berharap banyak, yang satu berusaha banyak. Keduanya saling melengkapi. 

Kemudian apa? So what next ? Ternyata menjadi satu dari dua belahan, harus ada tujuan, ada cita cita, ada harapan. Ada target, ada semangat bersama, ada yang ingin dicapai bersama-sama. Itulah tujuan mengapa dua belahan jiwa bersatu. Sayang satu ingin belahannya cepat pulang, yang satu ingin pulang membawa kereta kencana, keduanya ingin bersama, ingin bertemu, ingin memandang bersama , ingin memandang ke arah yang sama. Jadi dua belahan ini, harus punya semangat, punya tujuan bersama. Jadi apabila yang mengaku belahan jiwa, tapi masing masing punya tujuan sendiri, punya harapan sendiri, tidak ada kesamaan, punya ego sendiri, ya jangan diharapkan bisa menjadi benar belahan jiwa.. Karena mungkin saja belahan , tapi yang retak, yang tidak sempurna , yang akan mudah pecah. Memastikan dengan pasangan kita, belahan jiwa kita, bahwa kita memiliki tujuan bersama adalah sangat penting, dan utama. 

Dengan memahami itu, maka jelas, ada saat belahan belahan jiwa ini saling berbicara, saling berkomunikasi , untuk menyepakati tujuan kebersamaan mereka. Tujuan apa yang ingin mereka capai. Meskipun dalam pikiran kita berkecamuk seribu pertanyaan, kita harus bisa mengkomunikasikan nya dengan belahan jiwa. Dan juga , kita harus menyediakan waktu , telinga , untuk mendengar belahan jiwa kita.

Maka dengan demikian , itulah yang kita harapkan , benih cinta akan terjaga, itulah inti dasar lagu yang disampaikan , dan mungkin terekam dalam otak kita. Benih cinta itu bisa terjadi , dengan adanya pemahaman bahwa kita berbeda, tetapi kita ingin bersatu. Karena kedua belahan jiwa ini, punya cara untuk berkomunikasi , cara untuk tetap berhubungan, dan memastikan bahwa mereka punya tujuan bersama, mereka punya harapan bersama , dan punya target bersama, mungkin jangka pendek, tapi umumnya jangka panjang. 

Sudahkah kita memastikan ini semua dengan belahan jiwa kita ?


Evernote helps you remember everything and get organized effortlessly. Download Evernote.