Translate

Saturday, January 02, 2010

2005 - 2010 Mengarahkan Masa Depan..

Kenapa 2005? Bukankah hidupku bermulai dari 1974 ??
Ada yang menarik dengan 2005. Kami memulai usaha ini pada tahun itu, usaha Daya Cipta Mandiri.. Tiga kata yang selama bertahun-tahun menjadi perenungan, target dan misi terencana, bagaimana dengan kemampuan (daya) yang dimiliki, bisa membuat karya (cipta = solusi) sehingga kami menjadi mampu berdiri sendiri (mandiri)..

Tiga kata filosofi hidup yang saya geluti selama ini, dan memang saya serahkan kepada Tuhan semua karya ini bisa berlanjut. Setiap kali berganti tahun, saya menghabiskan waktu beberapa malam untuk merenung, dan memikirkan langkah kembali tentang apa yang telah saya lalui, telah saya dan kami capai, bahkan apa yang telah menjadi kesalahan kami pada masa yang telah lewat.

Saya diajar dan dihajar Tuhan untuk menghargai waktu dan kesempatan yang Dia berikan untuk menjalankan ini semua. Dimulai dari perenungan di pertengah 2005 yang bertanya kepada Tuhan, kenapa saya harus melalui semua ini, sebuah titik nol dalam kehidupan saya, dimana semua berantakan, pekerjaan berantakan, keuangan berantakan.. keluarga menjadi ikut susah, hingga akhirnya saya menemukan jawaban untuk mengemban misi daya cipta mandiri menjadi sebuah usaha mandiri yang benar-benar berjalan.

2005 berlalu dengan berbagai harapan agar kami dapat bertahan pada tahun berikutnya. Strategi awal yang diambil adalah menemukan produk yang tepat untuk masuk ke Indonesia, dan sedikit banyak ada hasilnya.

2006 kami bergerak perlahan tapi pasti, didukung oleh rekan-rekan yang setia mendukung, baik sebagai member team ataupun pemberi pekerjaan kepada kami. Klien-klien baru mulai kami dapatkan, berbagai pekerjaan mulai kami kerjakan.

2007 setelah kami evaluasi, tiba saatnya kami harus mendirikan badan usaha PT dibandingkan dengan CV yang selama ini berjalan, dan proses itu terjadi di akhir 2007, dimana segala sesuatunya kami dapatkan dengan mudah.

2008 kami lewati dengan berbagai pekerjaan besar yang menantang, kami mulai belajar bagaimana dapat memaksimalkan kolaborasi yang terjadi, tidak hanya di dalam internal perusahaan, tapi juga entitas lain di luar yang mendukung dan bersingergi membantu kami.

2009 baru saja berlalu, tidak banyak yang kami dapat kerjakan sepanjang tahun 2009 dibandingkan 2008, tapi toh tetap kami bersyukur karena kami masih eksis. Kami masih melayani klien dan calon klien dengan berbagai solusi baru. Kami mengembangkan layanan ManagedService dengan segala resikonya, klien-klien mulai berdatangan tapi seringkali kami kehilangan fokus. Kami juga mengembangkan tim software yang sempat jalan tapi terseok-seok, kami bisa bilang belum maksimal, kami harus fokuskan lebih dalam pada tahun depan. Tapi yang menyedihkan untuk kami, kami kehilangan rekan perjuangan Roky Suwandoko, anak muda cerdas yang selama ini saya percaya untuk pengembangan dan implementasi software. Belum hilang rasa duka itu hingga sekarang, saya masih ingin melihat makamnya di tanah Gadang tahun ini. Bergabungnya beberapa member team semakin memperkuat percaya diri saya menjalani tahun depan, dengan berbagai tantangan di depan mata. Kolaborasi network terus saya bangun, jatuh bangun karena tidak semua link menghasilkan hal baik. Tim SCS juga harus berkurang tim nya, ini pun menjadi perhatian saya pada tahun depan. Sinergi juga dilakukan dengan mengembangkan delivery channel lain, seperti basis reseller daerah dan online-store tokofc.com.

2010 - inilah saatnya mengarahkan masa depan. Dengan banyaknya pengalaman pekerjaan dan proyek yang didapat dari SCS/DC maka tim ini harus memiliki tim tempur yang kuat. Selain itu, tim software juga harus fokus menguasai produk-produk yang selama ini menjadi daya tarik tersendiri bagi market Indonesia, didukung delivery channel yang ada (region reseller dan online-store tokofc.com). Kemampuan managed-service juga harus diasah dengan mendapatkan klien-klien berikutnya. Inilah masa depan yang bisa kami lihat, dimana kami harus lebih fokus, lebih terampil menguasai produk dan teknologi yang selama ini kami geluti. Kami punya misi baru, misi yang telah kami perkenalkan konsepnya sepanjang 2009 "build-access-manage" akan menjiwai solusi dan pekerjaan serta proyek yang kami akan kerjakan pada tahun ini. Visi kami "daya-cipta-mandiri" akan senantiasa menjadi harapan kami, dengan tetap ber-iman dan menerapkan kasih dalam perusahaan serta kepada klien-klien kami. Semoga 2010 kami mengarahkan masa depan dengan baik.

Tuhan berkatilah kami.