Translate

Thursday, June 29, 2006

Saat Teduh.. Tuliskanlah..

Saat Teduh.. Tuliskanlah..

Metode ini, baru saya mulai. Setelah beberapa lama

menikmati saat teduh, saya mencoba pola baru ini. Saya

menyediakan buku sendiri, dimana saya menuliskan

beberapa hal mengenai saat teduh yang saya baca setiap

harinya.

Pertama, saya berdoa, membaca Firman Tuhan, membaca

buku panduan saat teduh, kemudian saya menuliskan

beberapa hal.

Diantaranya,
- Isi Firman Tuhan.
ini merangkum, intisari dari apa isi
Firman Tuhan, contoh: berterimakasihlah, mengucap
syukurlah kepada Tuhan.

- Bagaimana melakukannya?
disini saya tulis apa yang saya harus lakukan thd
isi Firman Tuhan, contoh saya tulis:
- tlp mama, bilang terimakasih krn sudah bersabar
terhadap saya selama ini.
- ucapkan terimakasih kepada tim saya di kantor yang
selama ini telah mendukung saya luarbiasa.
- mengucapkan terimakasih kepada dua teman akrab
saya yang mendukung pekerjaan saya.

- Pokok doa
disini saya tuliskan apa yang saya doakan secara
khusus pada saat teduh itu.

Nah, ternyata dengan cara ini, saya menemukan beberapa

hal baru, seperti:
- saya bisa membuka kembali catatan saat teduh ini,
untuk melihat apakah saya telah melakukannya ? Apakah
saya telah melihat jawaban atas doa saya ?
- saya bisa mengingat lebih baik, dibandingkan saya
tidak menuliskannya sama sekali.
- pandangan kita tentang saat teduh dapat semakin baik
krn ternyata saat teduh, bukanlah sesaat saja, bukan
krn bangun pagi - hening - berdoa - membaca Firman
Tuhan saja, tetapi juga membuat Firman Tuhan itu
nyata, bagaimana melakukan Firman Tuhan itu, dan
bukankah ini juga bagian terpenting yang Tuhan minta.
- ternyata, setelah dijalankan, saat teduh menjadi
waktu yang enak. Waktu yang sama enaknya, pada saat
saya mencoba menuliskan agenda kegiatan hari ini,
waktu yang enak, yang sama pada waktu saya menuliskan
apa yang saya dengar dan catat pada rapat penting
di kantor. Dan memang, menulis memang membuat kita
lebih ingat. Dan buat saya, saya jadi ingat, suatu
saat, bahwa saya pernah menuliskan ini dimana, dan
saya dapat membukanya kembali untuk memahami lebih
baik.

Selamat memulai menulis di saat teduh..

fanky-29062006