Translate

Sunday, March 26, 2017

Ini Dia Lima Skill SDM yang Dibutuhkan di Tahun 2020

Semua orang tentunya sadar bahwa perkembangan teknologi akan mempermudah begitu banyak kegiatan manusia. Dan hal itu bisa saja menggeser kemampuan bekerja manusia dan diambil alih oleh kemapanan teknologi. Diperkirakan di tahun 2020 mendatang, teknologi akan sangat memegang kendali dalam berbagai aspek pekerjaan.
Namun bukan berarti sumber daya manusia tidak lagi dibutuhkan, peran teknologi dalam hal ini hanya akan mendukung kegiatan manusia saja. Dan berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai skill atau kemampuan apa saja yang dibutuhkan di tahun 2020 mendatang.
1. Problem solving 
Masalah yang diakibatkan oleh mesin sekalipun tetap membutuhkan manusia untuk menyelesaikannya. Kemampuan problem solving yang dimiliki manusia hendaknya lebih kepada mengatasi persoalan-persoalan kompleks yang kira-kira akan memiliki multi efek. Selain itu, teknologi juga tidak sepenuhnya akan mampu mengatasi permasalahan dalam hubungan antar manusia. Maka dalam hal ini, sangat dibutuhkan kemampuan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan problem solving. Kemampuan ini juga menjadi prinsip berdirinya suatu startup. Banyak pelaku startup yang percaya bahwa ketika melihat suatu permasalahan, saat itu pula ada kesempatan membawa perubahan.
2. Kreatif 
Sistem tidak dapat bekerja sendiri secara kreatif. Dibutuhkan kemampuan-kemampuan yang timbul dari kecerdasan manusia untuk menciptakan sesuatu. Sumber daya manusia yang kreatif akan sangat dibutuhkan dan terus menerus dibutuhkan. Karena kaidah inovasi akan terus berjalan dan berlaku dalam suatu proses untuk mencapai hasil. Di tahun 2020, kreativitas digadang-gadang menjadi skill yang paling dibutuhkan dalam industri. Kebutuhan produk dan pola pekerjaan baru menuntut pelaku industri lebih kreatif untuk mendapatkan keuntungan dari memanfaatkan teknologi di masa depan. Mungkin robot atau sistem dapat membantu mendapatkan sesuatu yang lebih cepat, tetapi sistem belum tentu bisa menjadi kreatif seperti manusia.
3. Kerjasama tim 
Pekerjaan tidak dilakukan secara individual. Memang ada saatnya yang mengharuskan pekerja untuk fokus dan bekerja secara individu, namun katakan saja dalam satu divisi, tentunya banyak pihak yang melakukan pekerjaan yang saling berkaitan dan berkesinambungan. Ini tak hanya berlaku untuk karyawan saja, namun juga bagi atasan bahkan pemilik perusahaan. Tokoh-tokoh ini harus memiliki kemampuan yang dapat menjaga sirkulasi kinerja tetap produktif dan maksimal.
4.. Kecerdasan emosional 
Erat kaitannya dengan kerjasama tim, karena kecerdasan emosional memiliki keterikatan dengan hubungan antar manusia. Teknologi tidak memiliki emosi atau perasaan, namun yang mengoperasikannya tentu manusia yang memiliki aspek-aspek humanisme. Manusia bukanlah sistem atau robot yang tidak memiliki empati atau perasaan, maka melalui kecerdasan emosional seseorang mampu mengelola dirinya dan orang lain, serta bisa berinteraksi secara positif satu sama lain. Dengan cara ini orang tersebut bisa berprestasi, baik sebagai individu maupun tim.
5. Negosiasi 
Skill negosiasi ini menjadi sangat penting. Karena negosiasi merupakan kegiatan yang tentunya akan dilakukan banyak pihak untuk membangun relasi dan mendirikan sebuah jaringan kerja. Negosiasi ini tidak melulu dalam konteks sebuah pembiayaan atau yang berhubungan dengan harga dan uang. Lebih mengenai dunia pekerjaan akan terdapat konflik atau masalah. Tanpa adanya negosiasi, konflik akan menyebabkan ketidakpuasan pada satu pihak, dan hal ini berbahaya bagi pekerjaan. Maka negosiasi berguna untuk menyelesaikan masalah dengan berdiskusi dan mencari jalan keluar bersama.
Nah, jika Anda ingin sukses di masa depan, nampaknya Anda harus menguasai kelima skill di atas. Sebab, lima skill di atas merupakan lima skill dasar yang wajib Anda miliki. Lima skill tersebut juga akan sangat bermanfaat jika Anda ingin menjadi pengusaha, lho! Jika Anda memiliki startup, jangan lupa daftarkan diri dan tim Anda untuk mengikuti Indigo Creative Nation yang telah di buka pendaftarannya hingga 15 April 2017 mendatang. Daftar sekarang di sini.
sumber: http://indigo.id/blog/detail/ini-dia-lima-skill-sdm-yang-dibutuhkan-di-tahun-2020.html