Translate

Saturday, April 20, 2019

BUILD YOUR COURAGE


BUILD YOUR COURAGE
(Membangun keberanian anda)

Namanya Aisha, hari itu dia bertemu saya di sebuah restaurant di Kuningan City.
Aisha saat ini bekerja dengan  posisi senior di sebuah IT consulting ternama. Dan sekarang dia mendapatkan ide bisnis yang cemerlang yang ingin dia jalankan sebagai enterpreneur. Apalagi dia mendapatkan banyak support dan dukungan dari keluarganya. 
The timing cannot be more perfect. So she will do it!

Saya kagum pada keberanian Aisha, saya tahu banyak sekali yang ragu-ragu memulai perualangan baru menjadi enterpreneur, saya pun bertanya,"Are you sure about your decision?"

"Yes I do," kata Aisha dengan senyum manis di bibir pink (alami) nya yang merekah.
"I have been dreaming about this for some times, and I know the timing is right"

Aisha meneruskan ceritanya,"Saya sudah bermimpi tentang ini sekian lama. Dan kemudian tiba-tiba saya mendengar sebuah quote - The salary is a drug that a company give you to kill your dream-"

Suddenly Aisha woke up and and she realized that she had to do something to achieve her dream.

Aisha punya keberanian, sementara banyak orang yang ketakutan dan terus bertanya-tanya,"Beranikan saya  melakukan itu?
Bagaimana kalau saya gagal? Bagaimana kalau saya bangkrut?"

Ternyata banyak yang seringkali ketakutan pada saat mau memulai petualangan.
Saya pernah mengalami pindah negara selama 7 kali, dan setiap kali saya masih juga deg-degan pada awalnya. Apakah saya (dan keluarga saya) akan bisa menyesuaikan diri dengan local culture?
Saya juga pernah pindah ke lima perusahaan yang berbeda, dan setiap kali saya juga masih deg-degan. Tetapi seperti Aisha, I did it anyway. Sometimes I succeed, sometimes I learn!

Felix Baumgartner adalah seorang penerjun bebas. Ia mencetak rekor dunia setelah terjun dari ketinggian 39 kilometer (128000 ft), mencapai kecepatan 1342 kilometer per jam (834 mph).Ia juga terkenal karena aksi yang ia lakukan sepanjang kariernya. Felix pernah melompat dari Gedung Petronas di KL,  Patung Yesus Kristus di Rio de Jenario dan menjadi manusia pertama yang mengalahkan kecepatan suara tanpa menggunakan mesin apapun.

Felix bilang,"Pada saat saya siap terjun, detik terakhir adalah detik yang paling menegangkan. Saat itu saya masih bisa memutuskan untuk terus terjun atau batal. Kemudian saya teruskan untuk terjun. Dan saya terjun dengan kecepatan yang makin lama makin tinggi. Kemudian saya membuka parasut saya, dan saya mendarat di tanah , ternyata saya masih hidup. Saya pun melihat ke langit di atas sana.
That's the total freedom.

Feeling yang sama dialami oleh Aisha pada saat Aisha akan memulai petualangan barunya sebagai enterpreneur, atau waktu saya pindah dari satu negara ke negara lain!

You need the courage to progress in your life!
Anda memerlukan keberanian untuk mencapai kemajuan dalam hidup anda!
Tanpa keberanian, anda akan jalan di tempat, ketinggalan karier oleh kolega anda, dan pelan-pelan kompetensi (dan peran anda) menjadi tidak relevant!

Jadi bagaimana kita bisa membangun dan membentuk keberanian itu? Kita coba ikuti beberapa rekomendasi di bawah ini:

a) DEFINE YOUR DREAM

Michelangelo once said, "The greater danger for most of us lies not in setting our aim too high and falling short; but in setting our aim too low, and achieving our mark." Padahal banyak di antara kita yang takut bermimpi terlalu tinggi dan kecewa karena tidak mencapainya.

Mulailah dengan menggambarkan mimpi anda sendiri.
Dan pikirkan apa yang harus anda lakukan untuk mencapainya.

b) Break Your Big Vision Into Small Steps

Martin Luther King Jr pernah berkata, "Anda tidak usah membayangkan ujung tangga di atas sana. Anda hanya perlu melihat dan menaiki anak tangga berikutnya"

Jadi, pada saat anda harus mencapai tujuan anda, jangan berfikir bahwa anda harus mengetahui semua yang harus anda lakukan pada langkah pertama.
Yang penting adalah mengetahui arah (direction) yang anda ingin lalui.

Once you know the direction, then think about what you would like to be doing 12 months from now that would move you toward it. Then think about what you'd be doing six months from now. Then two months from now. Then two weeks from now. Then tomorrow.  Then today.

 c) Walk With Giants

Orang-orang di sekeliling anda mempunyai pengaruh yang sangat besar pada bagaimana anda melihat diri anda, tantangan anda dan dunia sekeliling anda.

Kalau anda ingin mencapai cita-cita yang tinggi, anda harus mengelilingi diri anda sendiri dengan orang-orang yang juga bercita-cita tingi dan berambisi.

Kalau anda ingin menjadi singa, jangan  berkumpul dengan tikus!

Hindarilah orang-orang yang berfikiran  negative dan membuat anda pesimis dan membuat anda meninggalkan mimpi anda!

d) Train The Brave , everyday

Keberanian itu seperti otot yang bisa dilatih. Semakin anda berlatih, maka keberanian anda semakin kuat.
Berlatihlah dengan tekun setiap hari untuk menghadapi ketakutan anda sendiri.
Carilah hal-hal yang anda takuti (ketemu boss, ketemu teman kerja yang sadis, ketemu customer yang jahat ....) dan pikirkan bagaimana anda akan menghadapi mereka. Kalau sukses teruskan. 
Kalau anda sudah berusaha dan anda tetap gagal , it is ok  , learn from it and improve yourself!

Jadi ingat keempat langkah ini untuk membangun keberanian anda sendiri memulai petualangan baru:
a) Define your dream
b) Break your vision into small steps
c) Walk with the giants
d) Train the Brave, everyday

Salam Hangat

Pambudi Sunarsihantoanky Christian
IT Infrastructure Specialist
Smartcityindo.com
StartSmeUp.Id

Chairman DPD DKI APTIKNAS
Vice Chairman ASISINDO
Secretary ACCI