Translate

Thursday, December 12, 2013

Bagaimana Cara Menetapkan Harga Jual?

Bagaimana Cara Menetapkan Harga Jual?

June 25 2013 | By Raben Penyami



Banyak pertimbangan disaat produk baru siap untuk di jual. Biasanya harga ditentukan setelah produk sudah ditentukan pasar mana yang dituju secara spesifik. Contohnya mengetahui demografis produk, geografis produk, maupun karakter produk, sampai perusahaan mengetahui siapa yang layak menjadi konsumen produk terbaru tersebut. Proses yang tidak kalah penting untuk ditentukana adalah, bagaimana menentukan harga. Berikut adalah acuan, bagaimana menentukan pricing/ harga yang tepat.

1. Menganalisa production cost dan mengetahui profit expectation. Biaya produksi menjadi hal dasar dalam menentukan harga. Pastikan harga yang ditentukan diatas harga produksi, dan mengetahui keuntungan yang bisa didapat.

2. Menyesuaikan dengan competitor. Setiap produk juga memiliki lawan tersendiri, baik dari industri yang sama maupun berbeda. Ketahaui terlebih dahulu siapa pesaing produk yang dinilai memiliki target market yang sejenis.

3. Price sensitivity. Lajunya ekonomi juga dapat mempengaruhi harga. Perkembangan ekonomi pada umumnya dapat mempengaruhi bahan-bahan dasar atau element-element tertentu dari sebuh produk. Begitu pula naik turunnya harga bahan pokok akan mempengaruhi volume produksi produk.

3. Willing to pay. Mengetahui berapa jumlah uang yang mau dibayar oleh konsumen. Hal ini ditentukan berdasarkan market yang sudah ditentukan untuk produk sejak awal.
build-access-manage at dayaciptamandiri.com