Translate

Tuesday, September 24, 2013

Tinggal klik, Uang pun Datang. Berbisnis Online

Tinggal klik, Uang pun Datang

September 20 2011 | By lilies

Tak perlu modal besar, tak perlu tempat usaha, Anda bisa punya butik dengan pelanggan yang tak terbatas jarak. Inilah keuntungan yang didapatkan para pemilik toko online. Hanya duduk di depan komputer meja rumah saja, mereka sudah bisa mendulang ratusan ribu bahkan jutaan rupiah tiap harinya.

Siapa pun, dimana pun, dan kapan pun bisnis online bisa dilakukan. Banyak mereka yang bahkan punya pekerjaan office hour melakukan transaksi online di jam bebas tugas seperti di malam hari. Keuntungan yang diraup tentu saja tergantung dari effort atau konsistensi dari si pemilik bisnis online itu.

Kelebihan lain yang ada pada bisnis ini adalah produk yang tak dibatasi varian ataupun jumlahnya. Anda yang hobi membaca sekalipun, bisa menjual buku bacaan anda yang anda rasa perlu untuk disisihkan demi membeli buku baru yang lain. Dengan Kata lain, anda tidak harus membuat produk anda sendiri. Anda bisa membeli grosir (sistem kulak),lalu menjual dengan harga eceran. Nah, lalu bagaimana memulainya?

Berikut Tips dan Trik memulai bisnis online:
1. Tetapkan produk yang anda jual (lebih baik kalau produk yang anda sukai)
2. Buatlah account email terlebih dahulu, baru facebook , blog atau website.
3. Buatlah foto produk semenarik mungkin , karena bisnis ini ditentukan oleh foto produk
4. Buatlah data online shop anda dengan lengkap jangan sampai tidak ada nomor telpon atau email yang bisa dihubungi pembeli.
5. Mulailah mengupload barang-barang anda setiap jangka waktu tertentu yang sudah anda tetapkan.
6. Mulailah untuk mengumpulkan data shipping untuk luar kota atau dalam kota.
7. Yang paling penting, anda harus sempatkan beberapa jam dalam 1 hari untuk membuka facebook atau blog anda.

Ada 5 hal penting dalam bisnis online yang saya beri nama dengan PAKEM!
1. P: Promosi – Promosi sangat penting dalan bisnis online. Mulailah memperkenalkan produk anda pada teman-teman dekat, seperti teman kantor, teman organisasi atau tetangga. Buatlah promosi diskon pada mereka, sehingga mereka akan kembali lagi pada anda.
2. A: Atensi – Bisnis online sangat erat kaitannya dengan Service. Ramah itu mutlak. Jangan menunjukkan anda sedang capek meladeni pertanyaan dari pembeli. Memberikan perhatian yang selayaknya didapat pembeli sangat penting.
3. K: Kepercayaan dan Konsistensi – Dua hal ini sangat berkaitan erat. Konsistensi yang anda tunjukkan akan memperkuat kepercayaan pembeli pada anda. Misal: upload barang2 baru sangat penting untuk membangun kepercayaan pembeli. Ini memberikan kepercayaan akan keberadaan anda. Begitu juga dengan konsisten memberikan pelayanaan yang baik. Ini juga akan membangun kepercayaan mereka. Mutu barang dan sistem pembelian dan pengembalian jika ada barang yang cacat sangat penting untuk anda perhatikan.
4. E: Endorse – Memakai atau membawa dan menggunakan produk sendiri, sangat efektif. Anda bisa menciptakan image tertentu dan promosi yang ingin anda bangun. Online identik dengan non real, tapi ketika anda menunjukkan produk anda, maka akan tercipta kepercayaan yang lebih pada pembeli.
5. M: Mobile – Hal yang terakhir ini sangat penting untuk pemilik bisnis online. Jangan berhenti untuk mobile. Bangunlah jaringan-jaringan baru atau masuk ke dalam komunitas-komunitas yang anda sukai. Dari komunitas ini akan tercipta kepercayaan diri anda dalam berbisnis. Wawasan yang anda punyai akan mempengaruhi strategi-strategi bisnis untuk kemajuan onlineshop anda. Baik itu dalam hal kemampuan menggunakan teknologi atau meningkatkan kemampuan marketing anda. Dan tentu saja akan membuka peluang ekspansi dengan dukungan material dari rekan-rekan anda.

Ingatlah bisnis online tidak langsung membuahkan hasil yang banyak. Jam terbang dan strategi promosi / marketing sangat mempengaruhi keberhasilan bisnis anda. Jika anda bisa melewati 2 tahun pertama, tandanya anda bisa melakukan ekspansi produk anda.

Selamat mencoba dan terus ON-line!

Penulis: Lilies Rolina Irnanto
Pemilik Online Shop: Rumah Liena (www.rumahliena.blogspot.com)
build-access-manage at dayaciptamandiri.com