Translate

Saturday, September 16, 2006

Business Start-up Award 2006

Business Start-up Award 2006



YES Programme atau Program Wirausahawan Muda Pemula adalah sebuah inisiatif untuk membantu anak muda Indonesia membangun usaha mandiri (wirausaha) sebagai suatu pilihan karir. Inisiatif tersebut dikoordinasikan oleh Yayasan Indonesia Business Links (IBL) dan dalam pelaksanaannya mendapatkan dukungan dari berbagai organisasi dan korporasi, diantaranya adalah Shell Companies in Indonesia, International Finance Corporation (IFC), Standard Chartered Bank, McKinsey & Company, dan Yayasan Progressio Indonesia.

Inisiatif ini terdiri dari tiga kegiatan utama; (1) pembangunan kesadaran pada anak muda Indonesia bahwa wirausaha merupakan salah satu pilihan karir yang pantas bagi masa depan melalui pelaksanaan workshop ‘Bright Ideas’ di Jakarta, Bandung dan Yogya, (2) pemilihan wirausahawan muda pemula berpotensi yang dapat dijadikan acuan bagi anak muda Indonesia dalam ajang ‘Business Start-up Award (BSA) 2006’, serta (3) pembinaan/mentoring dan pelatihan teknis bagi wirausahawan muda pemula yang mempunyai potensi untuk berkembang.

Business Start-up Award bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada wirausahawan muda pemula terpilih yang mempunyai potensi untuk berkembang menjadi wirausahawan yang sukses, yang nantinya dapat dijadikan sebagai acuan (role model) bagi anak muda Indonesia yang ingin menjadikan wirausaha sebagai salah satu pilihan dalam berkarir.

Ajang ini terbuka bagi pemuda/pemudi Indonesia dengan usia antara 18 sampai dengan 32 tahun; mempunyai usaha sendiri yang sudah berjalan sampai dengan dua tahun (tahap start-up) serta usahanya berlokasi di wilayah DKI Jakarta & sekitarnya, Kota Bandung & sekitarnya, serta Kota Yogya & sekitarnya.

Business Start-up Award 2006 telah dimulai pada tanggal 17 Januari 2006 dengan melakukan launching promosi dan pembukaan pendaftaran di tiga kota: Jakarta, Bandung, Yogya. Sampai dengan tanggal terakhir pendaftaran (26 Februari 2006) telah terkumpul 1447 profil usaha (lihat: daftar peserta) yang dikirimkan oleh para wirausahwan muda. Setelah melalui proses seleksi tingkat awal yang dilaksanakan oleh manajemen, terdapat 87 buah profil usaha yang memenuhi prasyarat utama BSA: pengusaha berusia 18-32 tahun dan usaha sudah berjalan paling lama dua tahun. Ke-87 profil usaha tersebut diminta untuk dijabarkan oleh si pengusaha muda dalam sebuah rencana usaha (business plan).

Hanya 26 orang wirausahawan muda (lihat: daftar semifinalis) yang mengirimkan rencana usahanya. Ke-26 orang tersebut diseleksi kembali oleh Panel Juri di tingkat lokal. Penilaian dilakukan terhadap rencana usaha yang diajukan serta potensi diri dari wirausahawan yang dinilai pada saat dilakukan wawancara oleh panel juri pada tanggal 5 April 2006 (Bandung), 11 April 2006 (Jakarta), serta 12 April 2006 (Yogya). Penilaian terhadap rencana usaha melihat pada tiga aspek: Produk, Pasar, serta Organisasi/Manajemen. Juri (lihat: daftar juri lokal) terdiri dari kombinasi wirausahawan lokal yang sukses serta kalangan professional.

Dari hasil penilaian tersebut, saat ini terdapat 8 orang wirausahawan muda dan usahanya (lihat: daftar finalis) dinilai layak untuk lolos ke babak final.

Babak final dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan BSA 2006 Ehibition and Inauguration Night pada tanggal 16 Juni 2006 di Hotel Mulia, Jakarta. Final diselenggarakan dalam bentuk eksibisi/pameran dimana akan disediakan stan-stan pameran bagi para finalis untuk memasarkan produk mereka. Para penilai akan memilih lima peserta terbaik yang akan dianugerahi penghargaan berupa hibah/grant senilai Rp 25.000.000 sebagai modal usaha.

Acara BSA 2006 Exhibition and Inauguration Night terselenggara berkat dukungan Merrill Lynch, sebagai tuan rumah (host) acara; serta bantuan dari Yayasan Indonesia Business Links, Shell Companies in Indonesia, International Finance Corporation, dan Accenture dalam penyelenggaraannya.