7 Fokus area dalam penjualan
Area 1 : Barang mati
Jika ada memiliki barang yang sama dengan kompetitor tetapi saat ini konsumen sudah tidak menginginkannya lagi, maka bisa dipastikan barang tersebut akan menjadi barang mati.
Oleh karena itu anda bisa melakulan cuci gudang untuk barang-barang tersebut
Area 2 : Data Kompetitor
Anda dapat mempelajari data produk-produk yg kompetitor anda miliki dan disukai oleh konsumennya.
Hal ini bisa anda gunakan untuk pengembangan produk anda selanjutnya
Area 3 : Medan Perang
Jika anda dan kompetitor anda memiliki produk yang sama dan menyasar kepada pembeli yang sama, maka bisa dibilang ini adalah medan perang anda sesungguhnya. Persaingan akan sangat ketat di area ini.
Area 4 : USP ( Unique Selling Proposition)
Anda dapat menjual produk yang tidak dimiliki oleh kompetitor anda tetapi diinginkan oleh para pembeli.
Tingkat kompetisi disini rendah tetapi anda harus mencari segment market yang tepat sesuai keunikan anda
Area 5 : Inovasi
Anda dapat memperhatikan trend yang sedang berlangsung dan menciptakan produk-produk masa depan yang sekiranya akan dibutuhkan.
Area 6 : Data pendukung
Perhatikan juga trend-trend yang sedang terjadi dikonsumen anda. Dan gunakan hal tersebut untuk melakukan inovasi.
Hal ini dibutuhkan agar inovasi anda tepat guna dan memang sesuai kebutuhan konsumen.
Area 7 : Tambang Emas
Jika anda dapat membuat suatu inovasi sesuai dengan kebutuhan konsumen dan kompetitor anda belum bermain di area tersebut.
Maka bisa dibilang anda telah menemukan tambang emas anda. Dan anda adalah pelopor diarea tersebut.
Juanda Rovelim
Alumni Binus thn lulus 2006, TI-Math
Founder Digital Marketing Is Fun