Translate

Tuesday, February 02, 2016

Smart Thing

Istilah "smart thing" menjadi salah satu yang akan diangkat dalam Mega Bazaar 2016. Istilah ini merujuk kepada penggunaan teknologi yang akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Seiring dengan penggunaan komputer dalam berbagai bentuk dalam perangkat rumah tangga, kemudian adanya sensor-sensor yang ada di sekeliling kita, tidak lupa penggunaan CCTV yang semakin meluas dalam masyarakat. Ini dikenal juga secara global sebagai "Internet of Things", karena umumnya semua bisa diakses via Internet.

Semua ini menjadi tantangan baru, dan juga peluang baru bagi para pemain komputer untuk ambil bagian.
Yang paling mudah pertama adalah CCTV. CCTV seolah sekarang menjadi standard dalam keamanan, baik kantor , sekolah, pabbrik hingga rumah. Tidak ketinggalan ruko, toko retail menggunakan CCTV dalam berbagai bentuk dan ukuran.
 
Kedua, penggunaan komputer dalam rumah, atau dikenal dengan smart-home. Semua perangkat rumah tangga sekarang bisa 'bicara' satu dengan yang lain. Semua ini bisa terjadi dengan sensor. Kemudian semua sistem ini umumnya sekarang bisa diakses dari smartphone, sehingga menambah kemudahan lagi bagi pengguna.

Ketiga, pemerintah kita sedang asyiknya menggarap "smart-city". Dimana semua aspek pemerintahan, dari penggunaan hingga pengawasan akan dimonitor, diambil datanya, dianalisa, semua ini menggunakan komputer , jaringan komputer (network) dan sensor-sensor. Smart City juga diterapkan dalam bentuk CCTV, sensor-sensor yang dipasang di lokasi strategis, dan adanya aplikasi yang dikembangkan untuk mengelola data ini. 

Nah, kita sebagai pemain komputer, harus mulai terbiasa, mencari tahu tentang sensor, teknologi komputer yang terkait, jaringan / network, WiFi, CCTV dan semua aplikasi yang bisa digunakan untuk mendukung smart-thing. Setelah itu, jangan berdiam diri, sambut berbagai peluang yang sedang dikerjakan Pemerintah yang sedang fokus menggarap "Desa", sekolah SMK yang akan menjadi basis titik jaringan di daerah, Kominfo yang sedang menggelar jaringan Rural di daerah - dimana dalam jarak terbatas disediakan Wifi, tidak lupa banyak pihak yang sedang serius menggarap pasar UKM dengan menyiapkan "Waroeng digital". Semua ini membuat kita bersemangat lagi, menyiapkan solusi, produk dan dukungan teknis untuk mereka.