Translate

Friday, October 30, 2020

THINK CREATIVELY, WORK COLLABORATIVELY

THINK CREATIVELY, WORK COLLABORATIVELY

(Belajar tentang TEAMWORK dari sebuah konser music)
**
Rabu malam, 28 Oktober 2020, saya ngebut di jalan toll Jagorawi dalam gelap dan hujan. Jam 8 malam, ada sesuatu yang gak boleh saya tinggalkan. Teman-teman saya, yang alumni ITB, menyelenggarakan konser music virtual di YouTube, dengan menggandheng sekumpulan artis, musisi, producer yang alumni perguruan tinggi berlogo Gajah itu , untuk menggalang dana buat beasiswa bagi mahasiswa yang tidak mampu. 
Konsepnya aja sudah keren. Dan saya terbayang beberapa penyanyi keren seperti Fariz RM, Candil, Tony Sianipar… dll, selain beberapa teman yang berprofesi lain sesuai bidang akademisnya, tetapi tetap menyalurkan hobby music mereka.
Apa daya hujan lebat turun deras di Jagorawi, saya tidak perduli dan tetap memacu kencang mobil saya.
**
Jam 20.00 tepat, saya sudah bersiap siap di depan layer computer saya, masuk ke Youtube. Dan benar, konser itu tampil dengan prima, begitu hebat , mereka semua termotivasi untuk menampilkan yang terbaik! 
Lima jam konser yang ditata dengan apik itu menghasilkan donasi sebesar lima ratus juta rupiah, yang sebagian besar akan disumbangkan sebagai beasiswa untuk mahasiswa yang membutuhkan.
Wow keren banget. I am proud of you guys (and girls).
Saya bisa melihat ide yang keren, implementasi yang mulus, dan kekompakan yang mantap dalam sebuah maha karya itu. Dan itu yang kita perlukan di semua team, di semua perusahaan atau organisasi manapun.
**
Bermula dari rasa penasaran, keesokan harinya saya menelepon  sahabat saya, Nick Djatnika, yang menjadi salah satu panitia, sekaligus salah satu costume designer untuk acara itu.
"Nick, leader nya kemarin siapa sih?" tanyaku.
"Kami bekerja sebagai team kok. Sekumpulan alumni, mempunyai ide yang sama, berkumpul dan melahirkan ide ini kemudian di realisasikan bersama-sama"
Wow, this is teamwork. Semua team member saling commitment, dan bekerja keras bersama-sama , pasti akan berjalan dengan baik.
Kemudian saya bertanya lagi,"Jadi ide nya pada awalnya datang dari beberapa orang Nick?"
Nick menjelaskan,"Ya iya, tapi kan mustahil acara itu berjalan se-sukses itu kalau hanya dijalankan oleh beberapa orang kan. Makanya kami juga menyampaikan ide dan mendapatkan dukungan dari Ikatan Alumni ITB. Dan kemudian acara itu jadi berjalan dengan dukungan semua Angkatan dan semua jurusan"
These guys really understand it. Engage everybody! 
Banyak orang bilang mereka punya ide bagus. Remember, idea is cheap. Implementation is expensive. Dan untuk mendapatkan implementasi yang bagus, mau gak mau anda harus engage everybody.
Dan itulah mengapa akhirnya konser music itu menjadi sesuatu yang sangat phenomenal. 
**

Saya masih berdiskusi dengan Nick Djatnika beberapa lama, di mana dia menceritakan semua proses kelahiran konser itu.
Saya akan meringkas TEAMWORK proses itu dalam empat langkah. 
Dan saya yakin semua team, semua perusahaan, semua organisasi bisa mempelajari dan menerapkan hal ini.
**

Jadi, empat langkah untuk memastikan sebuah objective dapat dicapai bersama adalah:
START WITH WHY
THINK CREATIVELY
ENGAGE EVERYBODY
WORK COLLABORATIVELY

Kita bahas satu persatu ya …

a) START WITH WHY
Pertama, objective nya harus jelas. Apa yang ingin dicapai. Mengapa hal itu harus dicapai. Semua orang harus mengerti.
Team alumni ITB itu ingin membuat sebuah konser, dengan dua tujuan: untuk terus menjalin kekompakan, dan ingin membantu mahasiswa yang membutuhkan beasiswa.
Dengan kejelasan itu semua orang bekerja keras tanpa pamrih untuk mencapainya.
Sebuah perusahaan air mineral ingin menjual air sehat dan melestarikan  lingkungan alam di sekitarnya.
Sebuah perusahaan transportasi ingin melayani pelanggannya dan menyejahterakan puluhan ribu pengemudinya.
Apa objective organisasi anda? Mengapa seluruh oganisasi harus mencapainya? Is it clear for everybody. Hal ini yang pertama kali harus dipastikan, clarity of objective. That's why you have to 'START WITH WHY"

b) THINK CREATIVELY

Pikirkanlah sebuah ide dengan creative. Cari cara baru yang belum dilakukan orang. Bikin terobosan baru. Tampilkan metode baru.
Dunia berubah begitu cepat. Apapun yang menjadi andalan anda di masa lalu, akan obsolete (tidak relevant) sebentar lagi. Berpikirlah, bersiaplah, carilah ide baru dengan kreative.
Sekumpulan alumni itu berkumpul, ngobrol bareng, dan kemudian melahirkan ide konser music virtual yang akhirnya menghasilkan donasi ½ milyar!
What is your new idea? Bagaimana anda akan mengimplementasikannya. Bagaimana anda akan menhadapi semua hambatan dan semua permasalahan yang akan muncul di depan?
Think Creatively, Innovatively!

c) ENGAGE EVERYBODY

Idea is great. Tapi ide saja tidak akan mengasilkan apa-apa. 
Achievement is 1% inspiration and 99% perspiration! Pencapaian itu 1% ide dan 99% keringat yang keluar dari kerja keras.
Jadi kalau punya ide, gak usah sombong dulu!
Masih perlu 99% kerja keras. Dan berarti kerja keras itu hanya bisa terlaksana kalau kita mengajak semua orang. Tanpa ajakan itu, tanpa engage everybody, bisa-bisa semua orang hanya melihat ke anda dan bilang …."Ya sana, itu ide-ide lu sendiri, kerjain aja sendiri!"
This is the importance of engage everybody!
Dan mereka melakukannya sejak awal. Engage semua jurusan, engage semua Angkatan, engage musical producer, musisi, penyanyi… dan semua yang akan terlibat, baik yang tampil di depan panggung maupun di belakang panggung. Everybody. Dan ternyata itu kunci kesuksesan sebuah implementasi.

d) WORK COLLABORATIVELY

Implementasi pasti berjalan Panjang, dengan segala permasalahan yang timbul, motivasi akan naik dan turun …
Hal ini hanya akan berjalan kalau sebuah team benar-benar bisa ber-kolaborasi dengan baik.
Apa artinya kolaborasi. Kolaborasi berasal dari dua kata bahasa latin KO (co, yang asalnya dari collectively, bersama-sama), kemudian ada kata LABOR (yang artinya bekerja, bekerja keras, keringetan). Jadi work collaboratively berarti semuanya harus keringetan, kerja keras sama-sama. Jangan ada satu orang yang Cuma tunjuk-tunjuk dan perintah-perintah, sementara yang lain harus keringetan.
Kata CO dalam collaborate, juga berarti sama, artinya semua orang levelnya sama. Gak ada yang petantang petenteng, merasa lebih dari yang lain. Everybody is at the same level, same team members, dan same hard work, meskipun tugas dan tanggungjawabnya berbeda.
That's the key. Semua orang bekerja keras secara cerdas!

Jadi ingat ya, di manapun anda perlu menjalankan sebuah program atau project, agar sebuah objective dicapai bersama-sama, coba kita terapkan empat hal ini:
START WITH WHY
THINK CREATIVELY
ENGAGE EVERYBODY
WORK COLLABORATIVELY

By the way kalau pengin lihat konser music digital itu, silahkan click di sini  http://bit.ly/salamsehatindonesiaku


Salam Hangat,

Pambudi Sunarsihanto