Translate

Monday, October 19, 2020

Mengelola Kekuasaan Dalam Keluarga

Matius 22:15-22 (TB)  Kemudian pergilah orang-orang Farisi; mereka berunding bagaimana mereka dapat menjerat Yesus dengan suatu pertanyaan.
Mereka menyuruh murid-murid mereka bersama-sama orang-orang Herodian bertanya kepada-Nya: "Guru, kami tahu, Engkau adalah seorang yang jujur dan dengan jujur mengajar jalan Allah dan Engkau tidak takut kepada siapa pun juga, sebab Engkau tidak mencari muka. 
Katakanlah kepada kami pendapat-Mu: Apakah diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak?" 
Tetapi Yesus mengetahui kejahatan hati mereka itu lalu berkata: "Mengapa kamu mencobai Aku, hai orang-orang munafik?
Tunjukkanlah kepada-Ku mata uang untuk pajak itu." Mereka membawa suatu dinar kepada-Nya. 
Maka Ia bertanya kepada mereka: "Gambar dan tulisan siapakah ini?"
Jawab mereka: "Gambar dan tulisan Kaisar." Lalu kata Yesus kepada mereka: "Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah."
Mendengar itu heranlah mereka dan meninggalkan Yesus lalu pergi. 



Orang2 Yahudi enggan membayar pajak kepada Kaisar pada masa itu, hal itu karena Kaisar dianggap penjajah. itu yang ditanyakan kepada Tuhan Yesus. Padahal orang2 Farisi tidak juga membayar pajak. 

Kalau Tuhan Yesus menjawab Iya dianggap penjajah, kalau dianggap tidak maka dianggap pembangkang. Maka Tuhan Yesus tidak menjawab dengan jelas. Orang Yahudi punya mata uang sendiri, dan tidak boleh masuk bait Allah. Uang Romawi tidak boleh masuk bait Allah, maka banyak penukar uang di depan bait Allah.

Dalam hal membayar pajak bukan saja tidak mau bayar tapi harga diri sebagai bangsa Yahudi.

Lihat di mata uang ada tulisan dan gambar siapa. Jika ada gambar dan tulisan wajib kau berikan. 

Kejadian tentang penciptaan manusia, gambaran kita ada gambar Allah. Paulus berkata persembahanlah tubuhmu. Kita di dalam kehidupan Kita banyak peran, dan kita harus menjalankan peran kita. Sebagai umat Allah kita harus berperan kepada Allah. Membayar pajak adalah kewajiban umat Allah. Membayar persembahan juga kewajiban kita sebagai umat Allah.

Kekuasaan Dalam keluarga bukanlah Kekuasaan utk menguasai. Tapi peran dalam keluarga. Masing2 punya peran.

Jika dilanggar akan terjadi disfungsi.