Translate

Tuesday, October 13, 2020

Apa yang membuat anda berbeda (altitude) ?

 


Attitude adalah perasaan positif / negatif / berbeda terhadap orang, obyek tertentu, event ataupun ide. Sedangkan Aptitude adalah kompetensi untuk mengerjakan pekerjaan. Kedua hal ini bisa dikembangkan, ditingkatkan.

Faktor Attitude adalah urusan mental. Sedangkan Aptitude adalah urusan mental dan fisik. Tim kita harus kita bimbing untuk bisa mengenal, mengembangkan dan meningkatkan kedua hal ini.

Pernah suatu ketika, saya kaget karena salah satu tim berkata "saya akan meninggalkan kenangan berkesan untuk customer, baik itu positif ataupun negatif" , jelas ini adalah attitude. Attitude ada di dasar hati anda, bukan otak anda. Karena ini urusannya mental, atau anda 'mental'.

Dengan mental yang baik, anda tidak akan 'mental', meninggalkan kesan positif tentu lebih baik, daripada meninggalkan kesan negatif , terutama untuk orang sekitar anda, dan customer anda. Kesan negatif, mungkin akan berkesan lebih lama, tapi membuat anda 'mental', dan customer akan meninggalkan anda.

Lalu apa salahnya meninggalkan kesan yang positif untuk orang sekitar anda, terutama customer anda. Tidak ada ruginya bukan. Ingat, attitude yang baik, baca: mental yang baik, tentu akan menghasilkan kinerja, pekerjaan yang baik. Ini akan mengubah aptitude anda. Anda mengubah kompetensi anda. Anda akan semakin kompeten, memiliki kemampuan (skill).

Bicara era Industry 4.0 saat ini, dimana kita semua dipacu, maka selayaknya kita memiliki mental positif, attitude yang baik. Sehingga peluang untuk meningkatkan kemampuan kita (upgrade skill) dan mempelajari skill baru (re-skilling) akan bisa dilakukan. Tanpa attitude yang positif, maka tidak ada aptitude yang optimal.

Itulah cita-cita kami membantu EventCerdas.com , menjadi platform untuk mengembangkan diri, mempelajari skill baru, meningkatkan kemampuan diri. Mungkin saat ini kami masih banyak bicara tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi, karena itu core kami. Tapi disana kami kembangkan magang online, job posting untuk mendukung semua ini terjadi. Ikuti terus berbagai kegiatan offline dan online kami di EventCerdas.com.