Translate

Wednesday, October 14, 2020

Keep Contact

 1  Janganlah memuji diri karena esok hari, karena engkau tidak tahu apa yang akan terjadi hari itu.
 2  Biarlah orang lain memuji engkau dan bukan mulutmu, orang yang tidak kaukenal dan bukan bibirmu sendiri.

 3  Batu adalah berat dan pasirpun ada beratnya, tetapi lebih berat dari kedua-duanya adalah sakit hati terhadap orang bodoh.

 4  Panas hati kejam dan murka melanda, tetapi siapa dapat tahan terhadap cemburu?
 5  Lebih baik teguran yang nyata-nyata dari pada kasih yang tersembunyi.

 6  Seorang kawan memukul dengan maksud baik, tetapi seorang lawan mencium secara berlimpah-limpah.
 7  Orang yang kenyang menginjak-injak madu, tetapi bagi orang yang lapar segala yang pahit dirasakan manis.
 8  Seperti burung yang lari dari sarangnya demikianlah orang yang lari dari kediamannya.
 9  Minyak dan wangi-wangian menyukakan hati, tetapi penderitaan merobek jiwa.

10  Jangan kautinggalkan temanmu dan teman ayahmu. Jangan datang di rumah saudaramu pada waktu engkau malang. Lebih baik tetangga yang dekat dari pada saudara yang jauh.


Amsal 27:1-27

Selalu menarik menelaah kalimat-kalimat dalam AMSAL. Tapi memang saya bukan orang puitis, jadi memang selalu mencari tahu arti sesungguhnya, bukan permainan katanya. 

Kali ini membahas ayat 10, tapi di bagian ayat sebelumnya, tidak bisa saya tinggalkan, karena itu juga menggambarkan diri kita yang sebenarnya. Kita yang lebih biasa MENERIMA daripada MEMBERI.

Kita yang cenderung lebih suka DIPUJI daripada MEMUJI, lebih parah lagi, MEMUJI DIRI SENDIRI. Membuat diri sendiri seolah paling hebat, tidak ada bandingannya. 

Semua ini membuat derita, derita karena tidak dipuji orang. Padahal belum tentu juga. Orang memuji karena ada maksud dan tujuannya. Tidak semua murni, polos. Ada tujuannya semua. 

Lalu, yang terakhir, sudah lama tidak kontak orang, bertemu orang, bertemu saudara, lalu tiba-tiba mengontak, dan biasanya, seperti yang kita tahu, ini ada 'udang dibalik batu'. Ada maksud dari kontak ini. Karena mengharapkan sesuatu. Ya itulah hidup kita. 

Kembali kita diingatkan untuk menjaga HUBUNGAN. Menjaga hubungan ini , bisa saja dengan tetap mengkontak secara teratur dalam waktu tertentu, bukan hanya pada saat ada MAU nya saja. 

Tidak mudah melakukan ini, tapi untuk seorang SALES, ini sudah menjadi kewajibannya. Seorang penjual, sales itu PUSH. Dan marketing itu PULL. Keduanya menjaga hubungan, bedanya SALES menawarkan (push), sedangkan marketing itu menarik (pull) customer.