Translate

Tuesday, August 16, 2016

ILMU PAHAM

Salam 3T
Thankful Thinkful Tuesday

💞😇😇😇💐💐💐

*ILMU PAHAM*

Tingkat terbawah dalam ilmu adalah *PAHAM.* Ini wilayah kejernihan logika berfikir dan kerendahan hati. Ilmu tidak membutakannya, malah menjadikannya kaya.

Tingkat kedua terbawah adalah *KURANG PAHAM.* Orang kurang paham akan terus belajar sampai dia paham. Ia akan terus bertanya untuk mendapatkan simpul2 pemahaman yg benar.

Naik setingkat lagi adalah mereka yg *SALAH PAHAM.* Salah paham itu biasanya karena emosi di-kedepankan, sehingga ia tidak sempat berfikir jernih. Dan ketika mereka akhirnya paham, mereka biasanya meminta maaf atas kesalah-pahamannya. Jika tidak, ia akan naik ke tingkat tertinggi dari ilmu.

Nah, tingkat tertinggi dari ilmu itu ialah *GAGAL PAHAM.* Gagal paham ini biasanya lebih karena kesombongan._ Karena merasa berilmu, ia sudah tidak mau lagi menerima ilmu dari orang lain. Ia selalu merasa cukup dengan pendapatnya sendiri. Parahnya, ia tidak menyadari bahwa pemahamannya yang gagal itu menjadi bahan ketawaan orang yang paham. Ia tetap dengan dirinya bangga dengan ke-gagal-pahamannya.

Koq paham ada di tingkat terbawah dan gagal paham di tingkat yang paling tinggi ? Apa tidak terbalik ?

Mari kita renungkan.....

*Orang semakin paham akan semakin membumi.* Ia menjadi bijaksana karena akhirnya ia tahu bahwa sebenarnya ia tidak tahu apa-apa. _Ia terus menerima darimanapun ilmu datangnya._ Ia tidak melihat siapa, tetapi apa yg disampaikan. Ia paham, ilmu itu seperti air dan air hanya mengalir ke tempat yang lebih rendah. *Semakin ia merendahkan hatinya, semakin tercurah ilmu kepadanya.*

Sedangkan gagal paham itu ilmu tingkat tinggi. Ia seperti balon gas yang berada di awan. Ia terbang dgn kesombongannya. Masalahnya, ia tidak mempunyai pijakan yang kuat, sehingga mudah ditiup angin tanpa mampu menolak. Akhirnya ia terbawa ke-mana2 sampai terlupa jalan pulang. Ia tersesat dengan pemahamannya dan lambat laun akan dibinasakan oleh kesombongannya.

Ah aku mengerti sekarang ...

Jadi yang perlu diingat, *akal akan berfungsi dengan benar ketika hatimu merendah.* _*Ketika hatimu meninggi, maka ilmu jugalah yang membutakan si pemilik akal.*_

_Lidah orang bijaksana berada di dalam hatinya, dan hati orang dungu berada di belakang lidahnya._

Ilmu itu open ending. Makin digali makin terasa dangkal.

*Jadi kalau ada orang merasa sudah tahu segalanya berarti tidak tahu...
Semoga bermanfaat.

Fanky Christian
fankychristian.blogspot.com