Translate

Thursday, August 18, 2016

8 Pekerjaan yang Bakal Hilang Dalam 10 Tahun Mendatang

Pramugari
Sebetulnya, banyak juga orang yang bercita-cita menjadi pramugari, terutama semenjak masih anak-anak. Sayangnya menurut penelitian, pada tahun 2022 kelak diprediksi hanya tinggal 7% saja pramugari yang dipekerjakan oleh perusahaan penerbangan, baik swasta maupun negeri.

Hal tersebut dikarenakan perusahaan penerbangan ingin mengurangi dana yang dianggarkan guna mengurangi upah tenaga kerja seperti pramugari, dan rencananya akan digantikan dengan layar digital yang canggih guna memberikan instruksi terkait keamanan penerbangan dan juga menyambut kita di atas pesawat. Pesawat juga akan dilengkapi dengan sistem keamanan otomatis yang membuat keberadaan pramugari yang banyak jumlahnya tidak lagi diperlukan.

Pelayan
Profesi sebagai pelayan di kafe hingga restoran merupakan salah satu profesi yang paling banyak mengurangi tingkat pengangguran sebab terhitung mudah tanpa membutuhkan keahlian khusus (sehingga siapa saja bisa melakukannya) dan jumlah lapangan kerjanya pun begitu besar.

Profesi pelayan diprediksi akan menghilang dalam 10 tahun mendatang dan akan digantikan dengan robot. Diprediksi juga akan digantikan dengan sistem yang serba otomatis yang memungkinkan pelanggan untuk melayani dirinya sendiri hanya dengan pilihan di monitor yang telah disediakan.

Petugas Kredit/Pinjaman
Anda akan menemukannya di bank atau di pusat penggadaian. Petugas kredit akan melayani Anda ketika membutuhkan pinjaman uang. Namun menurut seorang profesor ilmu komputer dari Universitas Washington, Pedro Domingos, pekerjaan seperti petugas kredit dapat dengan mudah digantikan dengan mesin berbasis algoritma otomatis.

Penjamin Asuransi
Penjamin Asuransi kerap kali salah dalam menentukan risiko mengasuransikan klien. Selain itu, jumlah tenaga kerja yang banyak dengan dana anggaran yang besar membuat perusahaan berupaya untuk menggantikannya. Diprediksi, penggunaan software penjamin asuransi otomatis yang canggih dapat menggantikan peran penjamin asuransi sehingga profesi ini akan tergantikan.

Kasir
Kasir akan selalu Anda temui di toko ritel atau grosir hingga minimarket. Namun jika Anda memperhatikan swalayan atau toko-toko ritel di mana meja kasirnya membentang panjang, hanya terisi beberapa saja di mana Anda bisa dilayani oleh kasir untuk membayar belanjaan Anda. Hal itu disebabkan karena sekarang ini mulai diterapkan barcode scanner besar yang bisa memindai banyak produk sekaligus, tidak seperti sebelumnya yang hanya bisa memindai satu per satu barang belanjaan. Diterapkan juga sistem self-checkout sehingga Anda bisa membayar belanjaan Anda secara mandiri tanpa dipandu oleh seorang kasir. Inilah yang membuat profesi kasir akan segera tergantikan dalam dekade mendatang.

Pustakawan
Di perpustakaan sering kita temui orang-orang yang dengan mudah membantu mencarikan buku-buku yang kita butuhkan. Mereka adalah pustakawan, dan banyak juga dari mereka yang memang mengambil jurusan pustakawan di perkuliahaan dulu. Sayangnya, meskipun pustawakan akan sangat membantu kita dalam mencari buku di perpustakaan, hal tersebut tidaklah selalu membantu kita mencari buku dengan mudah dan cepat, paling tidak, tidaklah secepat mesin pencari yang kini sudah disediakan oleh mayoritas perpustakaan, terutama di universitas.

Mayoritas lembaga dan universitas sudah menyediakan mesin pencari khusus untuk katalog buku/arsip yang disimpan di perpustakaan mereka, sehingga pustakawan lama kelamaan akan tergeser eksistensinya.

Agen Travel
Beberapa tahun yang lalu sepertinya kita masih sangat bergantung dengan agen travel ketika memutuskan untuk traveling. Kini dengan kehadiran teknologi internet yang serba canggih dan mudah diakses, didukung dengan sumber daya pencari informasi traveling seperti Booking.com, Traveloka, Bing Travel hingga Google Flights, tampaknya orang kini mulai melupakan jasa agen travel dan mulai mencari secara mandiri.

Operator Taksi
Ya, sebelumnya kita selalu berkomunikasi dengan operator taksi lewat telepon ketika hendak memesan taksi. Operator itu juga akan mengirimkan taksi ke lokasi kita. Sayangnya, dengan kehadiran teknologi canggih seperti yang diterapkan oleh Uber hingga Grab Car, kapan pun kita membutuhkan taksi, kita bisa memesannya hanya dengan menggunakan aplikasi. Profesi seperti operator taksi sebentar lagi akan punah.

Itulah 8 pekerjaan yang bakal hilang dalam 10 tahun mendatang.

Fanky Christian
fankychristian.blogspot.com