Translate

Saturday, May 09, 2020

Jadi Pengajar

Ibrani 5:12 (TB)  Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu, sudah seharusnya menjadi pengajar, kamu masih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari penyataan Allah, dan kamu masih memerlukan susu, bukan makanan keras. 


Menjadi pengajar ? Mungkin orang hanya berpikir tentang profesi guru, dosen, dan berbagai pengajar resmi lainnya. 

Kenyataannya, dalam seluruh kehidupan kita, kita adalah pembelajar, dan seharusnya kita juga bisa menjadi pengajar.

Pengajar artinya memberikan ajaran, sesuatu hal yang mungkin orang lain perlukan, orang lain ingin tahu, orang lain ingin pelajari. Ini fungsi sebagai pengajar. Mungkin juga tidak semua hal dapat diajarkan. Tapi dengan menceritakan, menjelaskan ulang kembali, menuliskan ulang kembali, dan sekarang ini, merekamnya kembali, membuat kita sendiri semakin mengerti dengan baik. 

Dalam masa pandemi sekarang ini, tidak banyak hal yang bisa kita lakukan. Kami dalam tim kantor menggunakan kesempatan ini untuk belajar, mempelajari banyak hal. 

Selain itu juga, kami meminta tim kami untuk menjelaskannya ulang, di rekam dalam video, dan kami publikasikan di youtube. Senang rasanya, ada kebanggaan baru. Mereka yang tidak pernah berbicara banyak, ternyata ada yang lancar sekali menjelaskan dalam video.

Menjadi pengajar saat ini memang kelihatannya tidak sulit. Banyak anak millenial sekarang ini merekam berbagai konten, dan membagikannya untuk banyak orang, dalam banyak platform.

Maka bagi kita,      umat Kristen, pengikut Kristus, Tuhan kita sendiri adalah pengajar. Dia memberikan teladan untuk kita, menjadi pengajar  . Apapun posisi kita sekarang ini, kita telah diberikan kemampuan untuk mengajar, dan menjadi pengajar. Bagikan talenta kita, ilmu kita, apa yang kita miliki, karena itu adalah hakekat kita, sebagai manusia, ciptaan Allah,sang Pengajar Agung.