Translate

Tuesday, April 28, 2020

Perlu Berdoa Sekarang

Matius 6:6-8 (TB)  Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.
Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan.
Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya.


Sudan lebih dari sebulan kita alami WFH Dan PSBB sekarang . Saya mulai bertanya kepada kawan-kawan bagaimana penjualan mereka. Mereka bilang di bulan maret masih oke, di April drop sampai 50%. Lainnya mengeluh tidak ada pendapatan.

Lantas, mereka bilang, kita perlu berdoa sekarang.

What!!!

Lalu selama ini mereka tidak berdoakah? Memang kadang orang baru akan berdoa setelah mereka tidak punya jalan lain, tidak punya kerjaan lagi, sudah tidak ada uang lagi, sudah mentok hidup mereka . Doa dianggap jalan keluar, membuka jalan untuk mengetuk hati Tuhan.

Doa seperti ini bukan seperti yang diharapkan dan diajarkan Tuhan. Doa adalah cara kita berkomunikasi dengan Tuhan. Memang kadangkali dengan berdoa, kita menjadi tenang. Dengan berdoa kita jadi lebih pasrah. Tapi bukan semata berdoa hanya setelah kita mau mati, tidak punya jalan lain.

Doa yang Tuhan minta adalah seperti kita berbicara kepadaNya, ngobrol, komunikasi dengan biasa. Tuhan yang maha kuasa itu tidak jauh, Dia hanya sejauh doa. Doa jangan bertele-tele , panjang, muter-muter, gak jelas maksudnya. Padahal Dia paling tahu isi hati kita. 

Berdoalah sebelum terlambat, karena Dia adalah pemilik hidup kita.