Translate

Wednesday, April 01, 2020

Ketakutan Dikalahkan Doa

Lukas 22:40-46 (TB)  Setelah tiba di tempat itu Ia berkata kepada mereka: "Berdoalah supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan."
Kemudian Ia menjauhkan diri dari mereka kira-kira sepelempar batu jaraknya, lalu Ia berlutut dan berdoa, kata-Nya:
"Ya Bapa-Ku, jikalau Engkau mau, ambillah cawan ini dari pada-Ku; tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi."
Maka seorang malaikat dari langit menampakkan diri kepada-Nya untuk memberi kekuatan kepada-Nya. 
Ia sangat ketakutan dan makin bersungguh-sungguh berdoa. Peluh-Nya menjadi seperti titik-titik darah yang bertetesan ke tanah.
Lalu Ia bangkit dari doa-Nya dan kembali kepada murid-murid-Nya, tetapi Ia mendapati mereka sedang tidur karena dukacita.
Kata-Nya kepada mereka: "Mengapa kamu tidur? Bangunlah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan."


Pernah membayangkan kita akan melewati masa wabah Covid-19 ini?

Atau pernahkah dulu kita membayangkan melewati masa krisis ekonomi politik 1998? Atau masa gejolak ekonomi global 2008?

Tapi toh kita telah melewati masa krisis itu. Saya melewati masa krismon 1998 saat masih bekerja di bank dan merasakan tekanan ekonomi yang membuat saya pindah ke bank lain karena bank banyak yang tutup. 

Saya melewati masa sulit 2008 dengan berbagai keterbatasan dan menekan pendapatan agar perusahaan bisa bertahan. 

Dan saat ini kembali ketakutan ada di depan kita . Ketakutan hal yang sudah ada dari dulu. Tuhan Yesus pun merasakan ketakutan yang luar biasa. Tapi apa yang Tuhan Yesus perbuat? Ya . Berdoa.

Dia berdoa menyerahkan semua masa depan Nya kepada Allah penguasa hidup kita. 

Itulah juga yang harus kita lakukan. Jangan jatuh dalam berbagai kekuatiran dan ketakutan yang amat sangat membuat kita lemah. Ingat ketakutan membuat imunitas tubuh kita akan lemah. Tubuh lemah tidak ada semangat dan tenaga. Dan kita akan jatuh sakit dan makin dalamlah ketakutan kita. Wabah ini dilawan dengan doa. Doa menguatkan mental kita, meningkatkan imunitas tubuh kita, membuat kita sanggup makan minum, olahraga cukup, dan pikiran tenang. Doa membuat kita bisa melewati semua ini.

Jurusnya sudah Tuhan berikan, lawan ketakutan kita dengan doa.