Translate

Thursday, June 22, 2017

Rumus Kebahagiaan

Selamat Pagi Bapak/Ibu🙏

*RUMUS KEBAHAGIAAN*
          
Matematika merupakan sebuah ilmu pasti sangat menarik serta penuh dengan inspirasi-inspirasi yang merefleksikan kehidupan manusia. 
 
Kita semua pasti tahu bahwa untuk matematika, rumus pembagian, adalah sebagai berikut:
1 ÷ 1 = 1
1 ÷ 2 = 1/2 
1 ÷ 10 = 1/10
1 ÷ 100 = 1/100
Sedangkan 1 ÷ 0 = ~ (tak terhingga).

Refleksi maknanya dalam hidup ini adalah sebagai berikut:

Angka 1 yang paling depan yang terkadang disebut sebagai "Pembilang" menggambarkan jumlah kebahagiaan yang kita akan bagikan pada orang lain, sedangkan Angka 1 yang kedua yang terkadang disebut sebagai "Penyebut" menggambarkan jumlah kebahagiaan yang kita harapkan orang membalasnya pada diri kita. Dengan begitu jika kita berbuat baik 1 kali dan dibalas 1 kali maka itu dianggap wajar karena angkanya tidak berubah dan akan menjadi tetap yaitu 1. 

Jika kita melakukan perbuatan baik, seperti membantu orang lain misalnya, kemudian kita mengharapkan balasan yang lebih besar atas perbuatan itu, maka semakin kita banyak berharap hasilnya akan semakin kecil (1/100 dst). Hal itu akan membuat Kita menjadi tidak bahagia.

Tetapi ketika kita melakukannya dengan Ikhlas dan tulus tanpa mengharapkan sesuatu imbalan apa pun atau 1 ÷ 0, maka hasilnya akan menjadi "Tak Terhingga" yang artinya Tuhan akan memberikan balasan atas keikhlasan kita dengan balasan Kebahagiaan yang "tidak terhingga".

✔  Tatkala kita meningkatkan ketulusan niat kita dalam membantu orang, di saat itulah sesungguhnya Tuhan meningkatkan Kebahagiaan diri kita.

✔  Ketika kita menginginkan kebaikan bagi orang lain, maka kebaikan itu akan datang pada kita dari arah yang tidak akan kita duga.

✔  Di saat kita hidup untuk membuat orang lain bahagia, Tuhan akan menunjuk orang lain untuk membuat kita berbahagia.

Sebab itu carilah selalu celah atau kesempatan untuk "membagi / memberi", dan bukannya "mengambil" Teruslah perbanyak kebaikan yang kita akan bagikan pada orang lain. 

Kurangi hingga sirna keinginan untuk mendapat balasan dari kebaikan yang kita berikan pada orang lain. Ingatlah bahwa setiap kali kita memberi dengan tulus tanpa mengharapkan balasan apa pun maka di saat itulah Tuhan akan menambah kebahagiaan kita yang tidak terhingga.

Inilah yang kita sebut sebagai RUMUS KEBAHAGIAAN. Mari kita *BAGI*kan Kebahagiaan ber *KALI* - *KALI* Serta *KURANG*I keinginan untuk mendapatkan balasan serta *TAMBAH*kan selalu Keceriaan dalam hidup ini. Sebab semua Ini *SAMA DENGAN* menyenangkan Hati Tuhan yang akan berimplikasi terhadap meningkatnya KEBAHAGIAAN diri kita.   

*_"Mathematics, rightly viewed, possesses not only truth, but supreme beauty."_ ― Bertrand Russel*

_dum vita est, spes est – while there is life, there is hope_