Translate

Wednesday, June 14, 2017

Chicken or Eagles

Dua kata ini muncul dalam diskusi kami tentang tim di kantor.

Chicken diidentikan dengan karyawan yang tidak bisa kemana-mana lagi, mereka akan berada di lingkungan kantor dan tidak berniat mencari pekerjaan baru lagi.

Sedangkan Eagles diasumsikan karyawan yang seperti elang, bekerja bersama kita, dan kemudian dia terbang (baca: pindah) ke tempat lain, dan mungkin saja, kemampuan terbang nya ini yang membuat kita terpesona.

Kedua type karyawan yang dikelompokkan dalam jenis ini sebenarnya berguna bagi pengembangan tim kita.

Type Chicken, ayam tentu tidak akan kemana-mana karena keterbatasannya. Tapi ayam tentu ada ayam yang produktif, bekerja menghasilkan telur. Dan telur ini bisa saja telur emas. Artinya, karyawan yang seperti ini, akan tinggal diam, tidak kemana-mana, merasa aman, nyaman bekerja bersama dengan kita, dan sejauh bisa kita maksimalkan kemampuannya, tentu saja mereka bisa menghasilkan telur (baca: karya yang sesuai).

Type Eagles, elang, yang selalu bergerak, indah dilihat, tetapi dia akan hinggap kesana-kesini. Ini type karyawan yang mungkin saja menyusahkan kita. Kita tidak bisa lagi memegang peranannya, dia menjadi sangat lincah, tidak bisa dipegang. dan mungkin baru kita menyadari kemampuannya setelah dia terbang (pindah) dari tempat kita. Type elang mungkin juga banyak kita temukan. Type karyawan seperti ini umumnya sangat bersemangat, antisias, tapi bisa juga sebaliknya, selalu mengeluh, menggerutu dengan segala kondisi kantornya.

Type elang tentu akan memiliki nilai plus, tapi tentu seperti elang, mereka akan mudah bergerak, sangat energik, dan kemudian terbang menghilang dengan kekuatan sayapnya. Dan tentu saja, mereka akan mempesona kita setelah di luar lingkungan kita.

Nah, jadi mikir, tentu yang type chicken yang lebih aman untuk perusahaan, dibandingkan type eagles. Tapi tetap saja, dalam hati kecil saya, saya ingin melihat elang-elang kecil beterbangan dari perusahaan kami, dan membanggakan untuk kita semua.