Translate

Sunday, June 18, 2017

HOW TO LEARN? (Rules of FIVE)

HOW TO LEARN?
(Rules of FIVE)

Namanya Dodi, dia duduk di baris paling depan di acara launching buku saya di sebuah toko buku ternama di kota itu.
Pada saat acara tanya jawab, tangannya langsung terangkat.
"Pak Pam, it seems that you know everything and you always have the answers to every question. How do you learn, Pak? Bagaimana bapak belajar?"

Pertama , kita koreksi Dodi dulu ya. I dont know everything and I dont have the answer to every questions. Tapi memang saya orangnya suka membaca dan suka belajar. Saya ingat masa kecil saya di Magetan, dan saya menabung uang saku saya selama sebulan dan kemudian pergi ke Toko Buku terdekat (berjarak 24 km dari kota kelahiran saya), dan membeli satu buku per bulan. Waktu itu umur saya 6 tahun, dan sampai sekarang saya masih memelihara kebiasaan membeli 6 buku (minimal) tiap bulan!
(I do the speed reading to get the mosf important content of the book, then I will learn deeply about that most important.
I am here where I am because I read more than others, I learn more than others and I work harder than others!

Cuma memang tentunya ada cara untuk belajar agar effective. Kalau anda sudah kuliah tentunya juga anda tidak belajar seperti seperti anak SD lagi, dan kalau anda sudah bekerja tentunya  cara belajarnya juga beda dengan waktu anda SMP atau SMA kan?
Anda memang dengan mudah membeli buku dan membaca buku  di toko buku.
Tetapi kalau satu satunya cara anda belajar adalah dengan membaca buku, anda juga akan ketinggalan. Ingat banyak buku yang diterbitkan lima tahun yang lalu, berdasarkan penelitian yang dilakukan 10 tahun yang lalu, oleh pengarang yang lulus kuliah 20 tahun yang lalu. Informasi berubah begitu cepat, berarti anda tetap harus membaca buku, dan anda juga harus melengkapi learning anda dengan cara cara lain.

Apa saja yang bisa kita lakukan?

Ikuti beberapa tips di bawah ini:


1. Find 5 experts in your field, reach-out to them

Di bidang apapun anda bekerja (Marketing, Sales, HR, Logistic , asuransi atau apapun), carilah lima expert yang paling terkenal dalam bidang itu. Kenalan sama mereka, ikuti blog mereka, ikuti seminar mereka, beli buku mereka. Learn everything about them.
Learn from them.
Mereka sudah sukses di bidang anda, berarti mereka sudah melakukan langkah langkah yang tepat. Pelajari mereka, tiru apa yang mereka lakukan, adaptasikan atau perbaiki bila perlu.

2. Read 5 leading books in your field

Baca lima textbook yang paling terkenal dalam bidang yang anda tekuni .
Catat topik yang paling relevan dengan apa yang sedang anda hadapi di pekerjaan.
Coba terapkan metode itu dan pelajari hasilnya.
Share pengalaman itu dengan yang lain.

3. Attend 5 trainings, seminars or workshop every year

Jangan menjadi katak di bawah tempurung. Ambil cuti kantor. Minimal dalam setahun ikutilah 5 training, seminar atau workshop dalam bidang yang anda tekuni.
Kalau di antara pembaca saya ada yang nanya," Pak, tapi budget training di kantor kami terbatas pak"
Saya akan bilang,"Sometimes you have to pay it by yourself!"
Ini untuk karier anda sendiri! Jangan hanya berharap pada kantor untuk mbayarin pengembangan karier anda.
Kalau dibayarin kantor, bagus !
Kalau enggak ya bayarin sendiri.
Tahun 2002 saya pernah ambil kuliah MBA dan saya bayar sendiri puluhan ribu USD (saya kredit dan nyicil bertahun tahun).
Itu adalah investasi terbaik dalam hidup saya!
Ingat! "Apa yang anda investasikan di otak anda, hasilnya akan tumbuh di didompet anda"
When you invest in your brain, you will get the result in your wallet in the future!

4. Join 5 communities in your field

Dunia berubah begitu cepat, banyak sekali best practice yang kita bisa pelajari.
Ikutlah community (yang bertemu regular ataupun menggunakan social media), ikutlah lima community.
Saya tahu banyak yang ikut WA group temen-temen SD, SMP, SMA, universitas, temen temen bekas kantor lama, RT/RW , keluarga besar dan sepupu, wadhuh banyak amat groupnya? mendingan ikut community profesi anda yang jelas jelas anda akan  belajar banyak di situ dan menambah market value anda.
Share your experiences there and learn from others (the professionals who work in the same field).

5. Write 1 article every 5 days, publish-it!
Nah, dengan melakukan langkah langkah di atas anda sudah belajar banyak kan?
Now it is time go share.
Tulislah satu artikel setiap lima hari.
Taruh di Face book, Parh atau Instagram anda.
Daripada tiap hari upload foto kuliner , debat politik di sosmed atau komplain tentang harga kebutuhan hidup yang naik,
mendingan anda menyebarkan aura positip dengan menuliskan sedikit artikel sharing tentang pengetahuan atau pengalaman anda.
Minimal anda bisa sharing tentang ringkasan satu bab di buku yang anda baca.
Kalau belum bisa menulis 3 halaman, ya tulislah 2
paragraph.
Percayalah, dengan menulis dan sharing, ilmu anda akan bertambah!
Dan menbuat anda bersemangat untuk belajar lagi!


Remember the rules of FIVE to make your learning much more efficient ...

1. Find 5 experts in your field, reach-out to them
2. Read 5 leading books in your field
3. Attend 5 events per year in your field (trainings, seminars, workshops)
4. Join 5 communities in your field
5. Write 1 article every 5 days, publish-it!

Warm Regards

Pambudi Sunarsihanto

Fanky Christian
HP.08121057533