Translate

Sunday, February 19, 2017

Bekerja dari rumah, kenapa tidak mungkin ?

Tahun ini memasuki tahun ke 24 saya bekerja. Mulai dari bekerja di bank, system integrator hingga sekarang menjalankan bisnis sendiri. Tapi tetap, salah satu kerinduan terbesar saya adalah agar saya bisa bekerja dari rumah.

Dalam kultur budaya Indonesia, bekerja adalah merupakan suatu hal penting. Dalam generasi saya, bekerja malah menjadi keharusan. Tidak tampak memiliki pekerjaan bisa menjadi masalah besar, terutama bagi keluarga. Dan ini sepertinya tetap ada hingga saat ini.

Meskipun kultur diatas tidak lagi mendominasi, tetapi tetap kita harus bekerja. Dibandingkan dengan negara tertentu yang memiliki kebijakan untuk mendukung warga negara yang tidak bekerja, apabila kita tidak bekerja di Indonesia, maka tentu kita akan kesulitan mendapatkan makanan, apalagi memiliki rumah dan sebagainya.

Oleh karena itu, tetaplah bekerja. Meskipun pekerjaan sekarang ini telah bergeser. Kita tidak harus selalu berada di tempat kerja, atau datang ke kantor. Dengan mobilisasi yang sangat tinggi dewasa ini, maka keberadaan kita bekerja seringkali tidak menjadi kendala.

Saya masih ingat, bekerjasama dengan programmer, yang memiliki jam kerja berbeda. Pada saat kami pulang kantor, dia malah datang dan bekerja sendirian di kantor yang tertutup. Sehingga tidak heran berikutnya saya bisa menerima programmer yang hanya bisa bekerja di rumah, tapi tetap menjalankan pekerjaannya. Jadi memang ada beberapa pekerjaan tertentu yang bisa kita kerjakan di rumah.

Tahun lalu, kami memperkerjakan desainer, yang hampir dalam setahun tidak bertemu, semua koordinasi dilakukan via email, telepon dan whatapp group. Tapi toh, kerjaannya tetap jalan, dia tetap produktif dan menghasilkan desain terbaiknya untuk perusahaan.

Tidak sedikit jenis pekerjaan yang memungkinkan orang tidak bekerja di kantor, melainkan di rumah. Beberapa diatasnya adalah buktinya. Jadi kalau anda ingin bekerja dari rumah, pastikan anda bisa membagi waktu. Karena di rumah anda tetap akan berinteraksi dengan orang rumah. Dan tentu saja, mereka akan tetap meminta waktu , jadi pastikan jangan sampai menyita waktunya.

Rekan senior saya, menghabiskan waktunya di rumah, melakukan editor dan translasi seharian di rumah, mungkin efektif jam kerjanya 4-5 jam sehari. Tapi tetap dia menghasilkan karya yang baik. Tidak ketinggalan, konsultan pajak langganan saya, dia pun menghabiskan jam kerjanya di rumah, dan tetap bisa teliti mengerjakan semua tugasnya.

Sekarang ini malah lebih banyak lagi orang berusaha di dunia Internet, atau sering disebut pebisnis online, dengan beragam bisnis online yang dilakukan.

Nah, semua itu tentu harus didukung. Pertama, rumah yang memiliki ventilasi yang baik, karena tentu kita akan seharian disana, baik bekerja di depan komputer, atau di depan meja. Karena konsentrasi hanya bisa berhasil apabila oksigen tersedia cukup. Jadi pastikan rumah anda nyaman dan mendukung.

Kedua, pastikan kita memiliki privasi yang cukup, sehingga membedakan antara waktu kerja dan waktu untuk orang rumah. Dalam prakteknya, ada yang membuat ruangan khusus untuk kita bekerja, sehingga dapat berkonsentrasi dengan baik. Berikan penjelasan kepada orang rumah, khususnya anak-anak agar memberikan waktu yang cukup untuk kita bekerja.

Ketiga, untuk beberapa jenis pekerjaan akan sangat memerlukan koneksi Internet berkecepatan tinggi. Ini sangat penting, bagi programmer, desainer hingga ahli multimedia. Nah, ini mungkin tidak semua tempat tersedia. Ada beberapa perumahan yang memiliki ketersediaan koneksi Internet, tapi tidak untuk kegiatan multimedia atau programming, sebatas hanya untuk browsing Internet. Tentu saja menjadi kendala dalam bekerja. Untuk urusan yang satu ini, CyberHome menjadi pilihan utama para profesional dan pengusaha muda yang berbisnis online.

Urusan kesegaran tidak diragukan lagi di CyberHome, karena perumahan ini ada di kaki gunung Salak di daerah Bogor, Jawa Barat. Pastinya udara sangat sejuk. Lingkungannya ramah dan bentuk rumahnya minimalis, sangat cocok untuk pebisnis dan profesional muda.

Jadi sekarang, tidak ada kendala lagi kita bekerja dari rumah, semuanya tinggal kembali ke anda. Maukah kita mulai bekerja dari rumah ?