Translate

Monday, February 20, 2017

COMPLIMENT OR COMPLAINT

COMPLIMENT OR COMPLAINT
By GC – Feb 16, 2017

Kata-kata yang sia-sia dan tidak punyak karakter pasti akan mati dan hilang ditiup angin. Kata-kata jahat, ujaran kebencian akan tertanam di hati untuk sementara waktu, membuat gejolak, dan kemudian mati, hilang ditelan jaman. Tetapi kata-kata penuh harapan, kata-kata bijak / pujian (COMPLIMENTS) yang baik hati akan masuk ke dalam sanubari setiap manusia dan akan menghasilkan buah-buah kebaikan selamanya.

Dibawah ini adalah autobiografi Booker T. Washington yang menceritakan bagaimana dorongan semangat dari General Samuel C. Amstrong menyelamatkan dirinya di masa mendatang.

Booker T. Washington dikenal sebagai seorang pendidik berkulit hitam yang sangat terkenal Amerika, bahkan hingga saat ini jasanya masih dikenang, ia adalah seorang penasehat president Amerika dan merupakan seorang orator yang sangat piawai. Semua itu bisa dimungkinkan Karena dia bertemu dengan guru hidupnya General Amstrong.

Booker T. Washington sesungguhnya dilahirkan sebagai warga kulit hitam kelas paling bawah dan ia adalah seorang budak yang seringkali mengalami pelecehan dan diskriminasi karena warna kulitnya dan statusnya.

Kisah hidupnya membawanya suatu ketika untuk bekerja sebagai pembantu rumah tangga di rumah Viola Ruffner. Mrs. Ruffner ini padahal terkenal dengan kekerasannya pada pembantu-pembantunya. Namun Karena ia melihat bagaimana kedewasaan Booker serta intelegensi serta integritasnya. Mrs. Ruffner pun memberikan kesempatan pada Booker untuk sekolah.

Disekolah itulah ia bertemu dengan General Amstrong yang selalu memberikan kata-kata pujian dan membangkitkan semangatnya untuk terus berkarya hingga akhirnya, singkat cerita ia pun berhasil menjadi orang ternama.

Kisah diatas ini memberikan gambaran bahwa kata-kata pujian begitu pentingnya dalam membangun mentalitas dan karakter manusia.

Mari hentikan ujaran-ujaran kebencian serta keluhan-keluhan negatif yang membuat hubungan pertemanan bahkan persaudaraan menjadi renggang dan mulailah serta jaga hubungan dengan ucapan-ucapan yang membangun.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa pujian membangun pada karyawan yang dapat membangun motivasi diri karyawan (faktor motivasi) lebih murah biayanya dari pada menaikkan faktor higienis karyawan. Namun dampaknya jauh-jauh lebih tinggi dalam membuat para karyawan betah tinggal di perusahaan serta berkontribusi lebih baik bagi perusahaan.

Ya mulailah memberikan compliments… bukan complaints…

“It takes the same energy to complain as it does to compliment. When there is a short circuit, there is a complaint, and when the energy is flowing, there is a compliment. “ – Harbhajan Singh Yogi

Have a GREAT Day! GC