Translate

Sunday, April 05, 2015

Melampaui Harapan

Santapan Harian
Lukas 24:1-12

Judul: Melampaui Harapan

Ada orang yang mengalami keputusasaan dalam hidupnya sehingga harapannya sirna. Ada yang hidupnya sesuai dengan yang diharapkannya. Bahkan ada juga yang mengalami hal yang melampaui harapannya. Dalam kisah ini, para perempuan datang ke kubur untuk merempah-rempahi tubuh Yesus yang baru meninggal. Mereka membawa rempah-rempah sesuai kebiasaan waktu itu (1). Mereka berharap untuk dapat menemukan jenazah Yesus.

Ternyata, batu besar yang menghalangi pintu masuk ke kubur sudah terguling (2). Halangan pertama teratasi tanpa penjelasan bagi mereka. Mereka tambah terkejut karena tidak menemukan mayat Tuhan mereka (3). Mereka pun "termangu-mangu" (BIMK: "...bingung memikirkan hal itu..." (4). Ini respons yang wajar, "Kemana jenazah-Nya? Siapa yang mengambil?"

Banyak pertanyaan yang belum terjawab ketika, "...tiba-tiba ada dua orang berdiri dekat dengan mereka memakai pakaian yang berkilau-kilauan" (4). Mereka membawa kabar yang di luar perkiraan, kabar yang melampaui harapan. Mereka mencari Yesus yang mati, tetapi mendapati Yesus yang bangkit. Harapan yang terlampaui merupakan penghiburan dan anugerah yang besar dalam hidup kita. Kita layak bersyukur sekaligus berbagi. Seperti para perempuan itu berbagi berita kebangkitan dengan para rasul (10).

Allah mengizinkan kita mendapat lebih dari yang diharapkan. Tujuannya antara lain agar kita memuliakan Dia dan semakin percaya pada-Nya. Para rasul kala itu tidak percaya pada berita kebangkitan (11) karena itu melebihi perkiraan mereka. Mereka lupa apa yang pernah Yesus katakan pada Marta, "bukankah sudah Kukatakan kepadamu, jikalau engkau percaya, engkau akan melihat kemuliaan Allah?" (Yoh 11:40). Percayalah bahwa Allah sangguh bekerja melebihi harapan, karena itu andalkanlah Dia dalam hidupmu.

Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/

Notification :: Kepada semua penguna App Alkitab yang lama (Yuku/Android|Logo Hijau), =Sorry=, update App sudah ada di PlayStore, tetapi tidak akan otomatis terupdate -- Anda harus menginstall ulang Alkitab dari PlayStore (Logo Biru) -- http://goo.gl/RVDuZZ
- - - - - -
Alkitab lama 'Yuku/Android' (Hijau) sekarang jadi 'SABDA Alkitab' (Logo Biru)[3.6.4]. Untuk semua pertanyan/support/comment, ... silahkan hubungi email :: android@sabda.org
- - - - - -
Ingat -- menerima dengan cuma-cuma, berikanlah dengan cuma-cuma (AYT)
Doakan -- Bible Everywhere!!

__________
Santapan Harian / e-Santapan Harian
Bahan saat teduh yang diterbitkan secara teratur oleh Persekutuan Pembaca Alkitab (PPA) dan diterbitkan secara elektronik oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA).
© 1999-2014 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA).
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi atau non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber tulisan dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org

build-access-manage at dayaciptamandiri.com
T: 021-29622097/98
twitter: dcmsolusi
HP: 08121057533
skype: fankych1211