Translate

Thursday, April 09, 2015

Bukti penyertaan Tuhan

Santapan Harian
Bilangan 1:1-2:34

Judul: Laskar Tuhan
Apa bukti penyertaan Tuhan ada pada anak-anak-Nya? Bahwa mereka bisa menjalani hidup di tengah situasi yang berat dan keras, seperti yang dialami oleh umat Israel di padang gurun.

Umat Israel keluar dari Mesir, sebagai pelarian dengan jumlah sekitar dua juta orang (Kel. 12:37). Ternyata setahun lebih kemudian jumlah mereka tidak berubah secara signifikan (Bil. 1:1-3, 44-46). Jumlah itu relatif stabil setelah 38 tahun dan sudah alih generasi (26:1-4, 51). Bagaimana komunitas besar tersebut menghidupi setiap anggotanya dengan kebutuhan sandang, pangan, dan papan mereka, kalau bukan Tuhan yang memelihara mereka dengan roti Manna (Kel. 16:35) dan kehadiran-Nya lewat kemah suci yang didirikan di tengah-tengah perkemahan umat.

Bukan hanya penyertaan Tuhan yang mencukupkan kebutuhan hidup mereka. Mereka juga dipersiapkan untuk memasuki tanah perjanjian. Bilangan 2 mencatatkan bahwa sentralitas Allah di tengah umat merupakan persiapan agar kelak bila saatnya tiba mereka berangkat sebagai pasukan Allah menuju tanah perjanjian. Perhatikan penyebutan panji-panji dari masing-masing suku dan penyebutan laskar untuk setiap suku, kesemuanya merupakan bahasa militer, yang menunjukkan kesiapan umat Israel berperang. Dengan sendirinya Panglima Perang Israel ialah TUHAN, Allah mereka. Menarik untuk dicatat juga, di sensus pertama ini, suku Lewi dikecualikan. Sedangkan untuk pengaturan perkemahannya, suku Lewi mendapat tempat khusus, yaitu di sekitar kemah suci (2:17). Ayat 17 ini menarik sekali karena seolah-olah pengaturan perkemahan itu sekaligus pengaturan keberangkatan pasukan Israel ke medan peperangan.

Umat Tuhan masa kini pun juga dapat menyaksikan pemeliharaan Tuhan atas hidup keseharian kita. Kita juga dipersiapkan sebagai pasukan Allah yang setiap waktu harus berperang melawan musuh-musuh Allah (Ef. 6:10-13). Syukuri pemeliharaan Tuhan, termasuk penyediaan perlengkapan peperangan rohani.

Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/

Notification :: Kepada semua penguna App Alkitab yang lama (Yuku/Android|Logo Hijau), =Sorry=, update App sudah ada di PlayStore, tetapi tidak akan otomatis terupdate -- Anda harus menginstall ulang Alkitab dari PlayStore (Logo Biru) -- http://goo.gl/RVDuZZ
- - - - - -
Alkitab lama 'Yuku/Android' (Hijau) sekarang jadi 'SABDA Alkitab' (Logo Biru)[3.6.4]. Untuk semua pertanyan/support/comment, ... silahkan hubungi email :: android@sabda.org
- - - - - -
Ingat -- menerima dengan cuma-cuma, berikanlah dengan cuma-cuma (AYT)
Doakan -- Bible Everywhere!!

__________
Santapan Harian / e-Santapan Harian
Bahan saat teduh yang diterbitkan secara teratur oleh Persekutuan Pembaca Alkitab (PPA) dan diterbitkan secara elektronik oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA).
© 1999-2014 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA).
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi atau non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber tulisan dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org