Translate

Tuesday, July 17, 2018

Adakah seorang "OLIVER GIROUD" di Organisasi Anda?

Adakah seorang "OLIVER GIROUD" di Organisasi Anda?

Selamat kepada Timnas Prancis yg sudah menjadi kampiun Piala Dunia 2018 di Rusia. Ini kali kedua Prancis menjadi Juara Piala Dunia. Dalam status facebook saya sebelumnya, saya menyebut Prancis sebagai salah satu timnas yg mempunyai generasi emas, selain Brazil dan Belgia (jagoan saya yg kalah di semifinal). Prancis sendiri dihuni pemain2 hebat mulai dari lini belakang diisi duet Madrid-Barca (Varane-Umtiti). Lini tengah tak kalah mengkilap ada duet MU-Juve (Pogba-Matuidi). Lini depan yg paling moncer ada duet Atletico-PSG (Griezmann- Mbappe). Namun, dari semua bintang tersebut ada satu nama yg sedikit terlupakan dan selalu menjadi pilihan Deschamps sebagai lone stricker yaitu OLIVER GIROUD.

Nama terakhir adalah unik, dia seorang penyerang tunggal yg tidak mencetak gol sama sekali, tapi terus "dipakai" oleh Didier Deschamps. Berbeda dng Griesmann dan Mbappe yg masing2 mengoleksi 4 gol. Bahkan, GIROUD tembakannnya tidak ada satupun yg on target, dari total 13 attempts. Pertanyaannya, kenapa Deschamps selalu memasang GIROUD di lini depan?. Deschamps sangat menyadari bahwa Prancis bekerja secara tim dan dia berusaha memaksimalkan semua potensi yg ada di tim Prancis. Deschamps tidak mau seperti Portugal, yg bergantung dengan Ronaldo atau Argentina yg bergantung dengan Messi. OLIVER GIROUD diberi tugas khusus sebagai pemantul bola, pemberi ruang dan mengacak-acak lini belakang lawan agar rekannya bisa mencetak gol dan pada akhirnya Prancis menang dan menjadi juara PIALA DUNIA 2018. GIROUD tidak mau egois, membawa bola sendiri, tak berambisi pula menjadi bintang lapangan di setiap pertandingan. Bahkan, dia pernah berkata: "Tak Penting Saya Mencetak Gol, Yang Penting Prancis Menang". Tugas GIROUD bahkan lebih penting, dia menjadi AGENT OF CHANGE bagi Prancis.

Dalam sebuah organisasi pun demikian. Harus ada orang yg "berkorban" melejitkan orang lain, menjadi think thank tak terlihat, menjadi agent of change perubahan organisasi. Peran orang ini tak terlihat tapi sangat penting. Orang ini selalu dilibatkan oleh CEO, menjadi strategic partner, teman diskusi tapi tidak menjadi BINTANG ORGANISASI. Perannya sebagai pemantul dan pemberi ruang kesuksesan orang lain dan organisasi. Goal dia adalah organization goal dan bukan individual goal. Perannya mirip dengan peran OLIVER GIROUD di timnas Prancis. Lalu pertanyaan selanjutnya Sudah adakah seorang "OLIVER GIROUD" di Organisasi anda?.

Jakarta, 16 Juli 2018

Fanky Christian
Director
PT. DAYA CIPTA MANDIRI SOLUSI
mobile: 62-812-1057533 / 0881-8857333
skype: fankych1211