Translate

Friday, December 22, 2017

Tradisi Tang Cie

TRADISI TANG CIE 

Tang Cie biasa di tanggal 22 Desember. 
Kecuali pada tahun kabisat justru jatuh pada tanggal 21 Desember. 

Tang Cie berarti musim dingin tiba (Merupakan hari yg paling dingin), 

Tang Cie mempunyai makna yg khusus bagi masyarakat Tionghua. 

Seperti cerita 'dulu' dikatakan hikayat Tang Cie: 

Ada seseorang pemuda sebagai tabib yang berbakat. 

Pada saat itu ia mencari ramuan obat di hutan, karena suatu kesalahan yang tidak disengaja, racun tanaman menyebabkan kedua matanya buta. Seseorang menemukannya terlantar di hutan, dan mengantarkannya kembali ke rumah. Ibunya yang sudah tua sangat mengasihi anaknya. Pada saat anaknya tidur, ia rela mencongkel kedua matanya untuk diberikan pada anaknya yang telah buta. Setelah anaknya bangun dari tidurnya dan bisa melihat. Ia mengetahui bahwa matanya adalah pemberian ibunya. Ia ingin mengembalikan mata tersebut kepada ibunya, tapi ibunya menolak. Ibunya memberikan petunjuk agar anaknya cukup membuat onde dari ketan dan dimasukan ke kelopak matanya, dengan suatu keajaiban karena mata yang dibuat dari ketan, ibunya dapat melihat kembali. 

Makna dari Onde adalah menunjukkan kasih sayang seorang ibu kepada anaknya, yang rela memberikan dua mata yang paling berharga untuk anaknya. 

Ini di canangkan sebagai Mother's Day yakni jatuh pd tgl 22 Desember atau Hari Ibu. Mungkin asal usul dari Hikayat ini. 

Selanjutnya dari hikayat ini bagi kalangan warga Tionghua dibuat suatu kebiasaan/adat-istiadat membuat kue onde-onde. Pada malam hari sebelum hari Tang Cie, para ibu membuat onde-onde yang terbuat dari tepung beras ketan dan diberi wrna merah, putih, hijau, dan berbetuk bulat. Esok hari, pagi² onde-onde tersebut direbus dan di masukan ke dalam air gula dan jahe. 
Setelah masak pertama-tama diberikan kepada Ibu sebanyak dua Onde. 

世上只有妈妈好 
She shang ze you ma ma hao. 
有妈的孩子像块宝 
You ma di hai zi xiang khuai pao. 
投入妈妈的怀抱 
Thao ji ma ma ti huai pao. 
幸福享不了. 
sing fu siang pu liao. 

Di dunia ini hanya mama yang terbaik. Anak yang mempunyai mama bagaikan pusaka, berada dalam pelukan Mama bahagia tiada tara.. 

I Love U..MOM..❤❤❤❤

Fanky Christian
mobile: 08121057533
fankychristian.blogspot.com