Translate

Monday, October 23, 2017

WHEN GREAT STRATEGY MEETS GREAT EXECUTION




Hari Senin pagi itu (beberapa bulan yang lalu) saya memulai liburan dengan keluarga saya di Tokyo. Dan saya menyempatkan diri bertemu dengan Makoto, seorang teman kuliah saya di Perancis dulu (tahun 90-an). Makoto datang dengan senyumnya yang khas dan menyapa saya dengan bahasa Perancis yang fasih,"Bienvenue au Japon. Tu  vas aimer l'ete ici..."
(Selamat datang di Jepang, kamu pasti akan menyukai musim panas di sini).

Makoto sekarang bekerja di sebuah gerai coffe terkenal dan dia sangat enjoy dengan pekerjaannya. 
Gerai cafe seringkali mengingatkan saya pada memory saya belasan tahun lalu, waktu kakak kandung saya (seorang Dokter di Batam), bercerita kepada (Almarhumah) Ibu saya di Magetan,"Secangkir kopi itu harganya 60 ribu, Bu"
Dan Ibu saya menjawab,"Memangnya itu kopi apaan sih?" Maklum di Magetan secangkir kopi mungkin hanya 2 ribu rupiah. Meskipun demikian, dengan bisinis model seperti itu, banyak gerai cafe yang berkembang pesat dengan growth yang sehat dan profitability yang tinggi.

Dan saya pun bertanya kepada Makoto tentang apa sih yang menjadi kunci keberhasilan perusahaan itu? (Yang mampu menjual kopi seharga 60 ribu, dan customernya pun ketagihan pula!).
Makoto menjawab bahwa kuncinya ada dua, strategy dan executions!
We need to have 2 things working for us: great strategy and great executions!

Bener juga ya? Banyak sekali buku-buku dijual di toko  buku tentang strategy. Banyak sekali mata kuliah di S-1 maupun MBA tentang strategy. Padahal, seringkali yang membuat perusahaan berhasil atau gagal, sebenarnya bukan strategy nya. Banyak perusahaan yang mempunyai great strategy, tetapi gagal juga. Karena mereka hancur di implementasi. Padahal memang belajar tentang implementasi (atau execution) mungkin terasa kurang menarik. Makanya di toko buku Kinokuniya Singapore (yang terbesar di Asia Tenggara), terdapat puluhan buku tentang Strategy , tetapi sedikit sekali tentang implementasi.
O ya, akhirnya pada awal tahun 1990-an, keluarlah SATU buku tentang implementasi (yang saya sangat rekomendasikan), judulnya "EXECUTION, the discipline of getting things done" ditulis oleh Ram Charan!

Anyway, Makoto mengulangi,"You need to have a great strategy, combined with great executions!"
Dan saya pun bertanya, sebenarnya apa sih brand strategy nya?

Makoto menjawab dengan singkat, ada tiga hal yang ada di dalam brand strategy perusahaannya:
1. Best quality of coffee
2. Excellent store ambiance for customer
3. Great place to work for employees

Wow, simple banget, dan mudah dimengerti ya?
Karena memang mereka menjadikan coffee sebagai menu utamanya, makanya mereka benar benar harus focus pada coffee quality. Dan mereka memang melakukan itu dengan consistent. Makanya saya sudah pergi bertahun-tahun ke gerai tersebut, dan saya belum pernah kecewa sekalipun dengan coffee yang disajikan!
Padahal saya sudah pergi ke cafe itu di banyak negara, dan semua pengalaman saya memberikan kesimpulan yang sama, quality is always No. 1.
That's consistency!

Kedua suasana di dalam gerai yang sangat menyenangkan. Dan ini tentu saja membuat para customer betah (dan berani membayar tinggi). Seorang pelanggan bahkan bilang ke saya, bahwa kalau dia pergi ke sana dia tidak membeli secangkir kopi, dia membeli tiga puluh menit holiday!
Dan memang benar, banyak yang lagi suntuk dengan pekerjaan di kantor, akan menyempatkan untuk menikmati "short holiday" di sana.
Dan juga, kita melihat consistency dari quality gerai mereka di seluruh dunia.

Terakhir, sebuh gerai kopi hanya akan sukses kalau semua karyawannya terampil, ramah dan profesional. Padahal meskipun warung kopi, mereka menyediakan puluhan menu. Dan semua karyawannya mampu menyediakan minuman itu dengan cekatan. That's a combination between competence, attitudes and  behavior!

Tentu saja ada ribuan jam training yang dilakukan sebelumnya agar pegawainya menjadi cekatan, tetapi selain itu tentunya kita tahu "happy employee" will make "happy customer". Berarti tempat kerjanya pasti keren banget sedemikian hingga karyawannya happy terus! Kata Makoto, ini adalah kombinasi antara financial aspect (gaji, bonus ... dll) dan non-financial aspect (suasana kerja, leadership dan kebanggaan bekerja di cool company).

Wah, pembicaraan yang sangat menarik dengan Makoto hari itu begitu membuat saya banyak belajar.

Tetapi sebenarnya, bagaimana mengimplementasikan strategy itu?
Coba kita terapkan langkah-langkah di bawah ini .....

1. CLARIFY the strategy for everybody

Pertama-tama, strategy harus dibuat sangat jelas, sedemikian hingga semua karyawan dalam segala level di setiap department, mengerti apa yang harus dilakukan!

2. COMMUNICATE your strategy

Kedua , strategy harus dikomunikasikan secara aktif kepada seluruh karyawan, berulang-ulang, dengan berbagai metode.
Ingat email saja tidak cukup. Harus dikomunikasikan dengan town hall, video conference, department meeting, email, poster-poster , email dan juga dengan internal social media!

3. CASCADE down the strategy

Cascade down the strategy,
supaya semua karyawan mengerti strategy perusahaan, tetapi juga mengerti apa yang harus dilakukan dan dicapai di setiap department bahkan pada level individu.

4. CHANGE the underperformers

You need a great team untuk mencapai objective anda yang ambisius. Yakinkan bahwa semua orang adalah high performer. Dan kalau ada yang kurang perform, gantilah mereka dengan yang lain yang attitude dan motivasinya lebih bagus.

5. COMPENSATE, reward and pomote your good performers

Jangan lupa untuk memotivasi para good performers yang telah membantu anda mencapai objective perusahaan anda. Compensate mereka, naikkan gaji mereka, tinggikan bonus mereka dan promote mereka. Jangan khawatir, kenaikan budget anda di sini akan tertutup dengan mudah oleh kenaikan pendapatan (dan profit) perusahaan anda.

Jadi ingat ya, untuk mengimplementasikan strategy anda, lakukan kelima langkah  berikut ini ....

1. CLARIFY the strategy for everybody
2. COMMUNICATE your strategy
3. CASCADE down the strategy
4. CHANGE the underperformers
5. COMPENSATE, reward and pomote your good performers

Just remember the 5 C, Clarify, Communicate, Cascade, Change and Compensate.

O iya ada satu C lagi yang sebaiknya anda lakukan juga,

CELEBRATE your success together ....

Salam Hangat

Pambudi Sunarsihanto

Fanky Christian
mobile: 08121057533
fankychristian.blogspot.com