Translate

Saturday, April 13, 2024

Perlu #openforbusiness, dimulai dengan skill Public Speaking

 



Saya di-mention lagi oleh salah satu kawan, mengenai #openforbusiness yang pernah saya bahas sebelummya (https://www.linkedin.com/pulse/kenapa-hanya-ada-opentowork-kemana-openforbusiness-fanky-christian).

Dan saya menunggu lebih dari tiga tahun, memang benar, sepertinya Linkedin tidak ada rencana membuat platformnya menjadi #openforbusiness. Yang ada tetap #openforwork , karena mungkin sebagian besar pengguna platformnya adalah para profesional. Dan mungkin juga karena sebagian besar pendapatan Linkedin didapatkan dari HR perusahaan besar yang mencari kandidatnya.

Maka tidak heran, Jobstreet, sekarang Seek tidak menjadi begitu populer, karena semuanya beralih ke Linkedin.

Itulah salah satu sebabnya, kami memberanikan diri membuat komunitas baru, yang bernama Indonesia Business to Business , atau disingkat IndoBitubi. Harapannya, komunitas ini menjadi salah satu cara untuk bisa mengembangkan diri untuk bisa terus saling terkoneksi secara bisnis, terutama di B2B.

Bila bicara B2C, mungkin sudah sangat banyak yang bisa mengisi dan berbagi di seputar Business to Customer, karena Indonesia dikuasai oleh market retail (direct to customer) yang sangat besar.

Tapi jangan lupa, sebagian besar B2C itu juga terkoneksi dengan B2B.

Apa saja yang bisa digali dari B2B ? Sangat banyak.

Pertama, marketing B2B jelas berbeda dengan B2C.

B2B vs B2C Marketing -

Demikian juga dalam menangani teknik digital marketingnya.

https://www.munro.agency/b2b-versus-b2c-digital-marketing/

Itu baru dari bagian marketing, yang ternyata begitu dibedah, ada beberapa skill dasar yang harus dimiliki oleh marketer di bidang B2B. Salah satunya Public Speaking. Karena itulah kami pernah membuat kelas publik nya untuk membahas hal itu bersama Fitrini Chow .

Lihat kegiatan sebelumnya: https://www.indobitubi.com/2024/03/komunitas-indobitubi-public-speaking.html

Namun, kami tahu, waktu 1 jam tidak cukup untuk mengupas dan melatih skill Public Speaking, sehingga perlu waktu khusus, minimal 4 jam untuk mempersiapkan diri dalam skill Public Speaking. Dengan kemampuan public speaking, kita akan semakin baik ber-networking, termasuk berbicara di depan publik.

Indobitubi: Public Speaking untuk Membangun Networking, 26 April 2024.

Kami undang anda semua bisa hadir dalam kelas ini, dengan mendaftarkan diri di: https://eventcerdas.mayar.link/pl/indobitubi-public-speaking-untuk-membangun-networking

Jangan lihat biayanya, lihat manfaatnya untuk anda, dan bisnis anda.

Mau gabung dalam komunitas Indobitubi, silahkan juga daftar di : https://eventcerdas.mayar.link/membership/komunitas-indobitubi-54507

Kami tunggu ya.

Fanky Christian
founder INDOBITUBI