Translate

Tuesday, April 23, 2024

Kemana Baiknya Kita Menulis Blog ? 8 Keunggulan Blogger dibandingkan lainnya

 Pertanyaan ini diberikan kepada saya, dan saya langsung menjawab Blogger. 



Mengapa blogger?

Pertama, tentu karena dikembangkan, dikelola oleh Google langsung. Karena dikelola oleh mesin pencari terbesar dan terbaik, maka tentu layanan blog anda semoga tidak akan terganggu, dan abadi. Buktinya, saya sudah menulis di blogger sejak 2004.

Dan salah satu blog terlama saya, termasuk yang saya kembangkan untuk perusahaan, sejak tahun 2005. 

Kedua, mudah dirubah oleh newbie. Untuk  para penulis baru, kadang konsentrasinya bisa terganggu bila terlalu fokus kepada tampilan. Maka blogger menyediakan beragam template yang bisa digunakan, tanpa coding, semua sudah siap, tinggal dipilih.

Untuk yang menginginkan tampilan yang profesional, kita bisa membeli template berbayar, dan tidak mahal.

Ketiga, ramah search engine. Salah satu pertimbangan utama adalah karena blogger memudahkan blog atau website kita diakses oleh search engine. Dan ini dimulai dengan label (hashtag) yang disematkan dalam tulisan artikel yang kita buat.

Keempat, bisa diakses dari berbagai platform sosial media lain. Interface yang ada memungkinkan bisa diakses dan diposting ke berbagai sosial  media lain. Gunakan berbagai tools, seperti IFTTT, agar bisa memposting artikel ke sosial media lain.

Kelima, kemudahan embed video dari youtube. Karena sama-sama dikembangkan Google, maka video yang kita buat dan posting di youtube, juga bisa disematkan(embed) ke dalam artikel dan tulisan yang kita buat.

Selain video, tentu gambar juga sangat mungkin dimasukkan ke dalam artikel.

Keenam, tidak ada biaya. Sungguh tidak ada biaya. Dengan kapasitas free email gmail kita sekarang 15GB (termasuk semua layanan ini), maka tidak ada biaya untuk hosting. Semua terakumulasi dalam akun gmail kita. Dan ini sangat memudahkan, daripada kit harus membayar tiap tahun untuk biaya hosting. Yang mungkin ada biaya adalah bila kita ingin menggunakan custom domain. Dan kemudian custom domain ini di-alias ke blog atau website kita di blogger.

Ketujuh, tidak ada iklan. Setidaknya kita bisa mengatur apakah akan muncul iklan di dalam web atau blog kita, karena ini akan terkait dengan akun Google Ads yang kita ingin pakai. Tapi sejujurnya, kecil sekali pendapatan dari Google Ads. Jelas tanpa iklan membuat pembaca nyaman membaca apa yang kita bagikan.

Kedelapan, tidak ada moderasi. Karena anda memiliki kontrol sendiri, maka jelas, tidak a moderasi. Konten anda tidak akan diedit oleh editor. Tapi tetap konten kita harus konten yang bertanggungjawab.

Terakhir. Tunggu apa lagi, saatnya anda menulis untuk Indonesia.