Translate

Monday, October 14, 2013

Membatasi konsumsi karbohidrat pada malam hari



Membatasi Konsumsi Karbohidrat Pada Malam Hari – Mengapa Bekerja dan Apa Pendapat Para Ahli

 33  145 Google +10
Membatasi Konsumsi Karbohidrat Pada Malam Hari – Mengapa Bekerja dan Apa Pendapat Para Ahli
Setelah kami meresmikan bahwa “Makan karbohidrat malam-malam bakal bikin kita gemuk” adalah mitos, banyak orang megekspersikan ketidaksetujuannya. Bahkan setelah kami membeberkan laporan harian eksperimen Coach Tobias, masih banyak orang yang belum sepenuhnya yakin bahwa hal tersebut adalah mitos. Kebanyakan berkomentar, “Sejak saya menghindari karbohidrat sewaktu malam/setelah jam sekian, saya mendapatkan hasil yang lumayan. Berarti bukan mitos dong!” atau “Itu metabolisme badan Coach Tobias saja yang cepat dan menguntungkan untuk makan karbohidrat malam-malam dan tidak bertambah gemuk. Kalau orang lain pasti hasilnya lain.”
Mendapatkan komentar seperti ini, kami tidak terkejut. Bisa dibilang, kami sudah mempersiapkan diri. Bagaimanapun juga, mitos ini sudah bertahan selama lebih dari 1 dasawarsa. Pastilah membutuhkan waktu untuk mengubah haluan terhadap anggapan yang sudah lama melekat di pikiran.
Memang selama 1 dasawarsa terakhir, kami sudah menyaksikan banyak orang mendapatkan hasil yang memuaskan dari membatasi konsumsi karbohidrat mereka pada malam hari. Namun, hal tersebut terjadi bukan karena konsumsi karbohidrat pada malam hari akan membuat kita gemuk atau karena membatasi konsumsi karbohidrat pada malam hari memiliki kekuatan gaib dalammembakar lemak kita, melainkan karena hal-hal di bawah ini:
fitness indonesia
Menurunkan Berat Badan adalah Soal Keseimbangan Kalori
1. Orang-orang yang membatasi konsumsi karbohidrat di malam hari secara tidak sadar akan mengurangi total konsumsi harian mereka. Karena membakar lemakmengecilkan perut, dan menurunkan berat badan pada dasarnya adalah persoalan membatasi konsumsi kalori sehingga total konsumsi kalori kita lebih sedikit dibandingkan dengan kebutuhan kalori kita, tidak heran banyak orang mendapatkan hasil dengan membatasi konsumsi karbohidrat di malam hari.
2. Pada umumnya, website, majalah, dan expert/trainer yang menyarankan hal ini juga merekomendasikan peningkatkan level aktifitas dengan memperbanyak olahraga, khususnya latihan bebanbodyweight training, circuit training, dan tentunya, latihan kardio (seperti latihan kardio di pagi hari dengan perut kosong, yang merupakan mitos lain yang siap kami kaji). Dengan meningkatkan level aktifitas mereka, pengeluaran kalori mereka akan lebih besar. Lagi-lagi, secara membakar lemakmenurunkan berat badan, dan mengecilkan perut memerlukan defisit kalori, dimana konsumsi kalori kita lebih rendah dari kebutuhan, tidak heran bahwa menghindari karbohidrat pada malam hari terasa “bekerja”
fitness indonesia
Makan Roti Malam-Malam? Tidak Masalah
Singkatnya, selama konsumsi kalori serta komposisi kalori anda dari karbohidrat, protein, dan lemak tetap sama, mengkonsumsi karbohidrat pada malam hari tidak akan membuat anda gemuk! Kesimpulan yang sama juga dimiliki oleh Chris Martinez, pemilik perusahaan konsultasi fitness di Amerika Serikat, dan Trent Watsonsenior lecturer bidang nutrisi dan diet di University of Newcastle serta juru bicara Dietitians’ Association of Australia.
Bahkan, ada penelitian (1) yang mengindikasikan bahwa hal tersebut justru membantu anda membakar lemakmengecilkan perut, dan menurunkan berat badan dengan lebih cepat! Bagaimana dengan itu untuk sebuah mitos? Bukan saja anda mempercayai sebuah mitos selama ini, tapi ada kemungkinan juga anda melewatkan kebenaran yang sangat menguntungkan untuk anda!
Pada penelitian ini, 78 anggota kepolisian Israel dibagi menjadi 2 grup. Kedua grup mengkonsumsi jumlah kalori, karbohidrat, protein, dan lemak yang sama tapi distribusi konsumsi karbohidrat antara kedua grup ini sangat berbeda. Control group mendistribusikan jumlah karbohidrat mereka secara rata sepanjang hari, sementara experimental groupmengkonsumsi mayoritas (80%) karbohidrat harian mereka pada malam hari.
Setelah 6 bulan, penurunan berat badan, kadar lemak, dan lingkar pinggang pada experimental group justru lebih tinggi dari control group: -11.6kg versus -9.06kg untuk berat badan, -6.98% versus -5.13% untuk kadar lemak, dan -11.7cm versus -9.39cm untuk lingkar pinggang. Plus, experimental group secara keseluruhan merasa lebih puas dan kenyang sepanjang hari. Dan satu plus lagi, penelitian ini didukung oleh Layne Norton PhD, seorang doktor di bidang nutrisi, juara powerlifting, dan binaraga natural Amerika Serikat. Bagaimana dengan itu sebagai bukti? Kalau ini semua tidak cukup meyakinkan untuk anda, kami tidak tahu lagi apa yang akan cukup meyakinkan anda.
Sekali lagi, hindari konsumsi karbohidrat pada malam hari untuk membakar lemakmengecilkan perut, dan menurunkan berat badan dengan maksimal? No way. Itu hanyalah mitos!
Referensi:
(1) Sofer S, et al. Greater Weight Loss and Hormonal Changes After 6 Months Diet with Carbohydrates Eaten Mostly at Dinner. Obesity, 2011 April 7
(4) http://anthonycolpo.com/research-updates-carbs-at-night-are-not-fattening-diets-dont-work/ 
Main Picture: © Budda | Stock Free Images & Dreamstime Stock Photos
1st Picture: © Goosey | Stock Free Images & Dreamstime Stock Photos
2nd Picture: © Icyimage | Stock Free Images &Dreamstime Stock Photos
- See more at: http://www.fitnessindonesia.com/blog/2012/11/membatasi-konsumsi-karbohidrat-pada-malam-hari-mengapa-bekerja-dan-apa-pendapat-para-ahli#sthash.iOr7lQ6f.dpuf