Translate

Friday, July 23, 2004

Istilah Enterpreneur ...

Dear all,

Jangan heran waktu pertama kali saya create milis ini, saya ambil kata enterpreneur bukan entrepreneur. Padahal yang seharusnya adalah entrepreneur. Lantaran kreatif sedikit, saya pikir lebih susah mengetikkan entrepreneur dibandingkan enterpreneur.. jadilah enterpreneur-indo.

Entrepreneur sendiri didefinisikan sebagai seseorang yang menciptakan usaha baru dengan resiko dan kondisi tdk terprediksi untuk mencapai profit dan perkembangan dengan mengindentikasi peluang dan mengumpulkan resource / bahan2 sebagai modalnya.

Kebanyakan dari kita, mungkin memiliki ide2 cemerlang, tetapi sedikit sekali yang menjalankan ide2 itu. Padahal, kalo saya pelajari, banyak peluang2 baru yang munculnya dari ide2, tapi sayangnya kebanyakan bisnis di indo adalah bisnis me-too. Yang lain bikin apa, yang lain tinggal ngikut, kuat-kuat-an modal dan pengaruh.

Entrepreneur sangat dibutuhkan di negara kita saat ini. Bukan karena kita tidak memiliki potensi. Kita, saya yakin, memiliki potensi yang sangat besar. Cuma memang tidak semua orang berani menjalankan ide dan potensi yang dimilikinya. Buat saya sendiri, udah beberapa kali jatuh bangun, blm yang namanya ke-tipu.

Apa sich untungnya jadi Entrepreneur ?

Buat saya:
- kesempatan menentukan nasib kita sendiri.
- kesempatan untuk 'being-different' - beda!
- kesempatan buat memaksimalkan potensi kita.
- kesempatan buat meraih untung sebesar2nya.
- kesempatan buat menyumbangkan sesuatu utk masyarakat, dan dikenal
krn usaha yang dilakukan.
- kesempatan buat enjoy - menikmati apa yang kita lakukan.

gimana menurut rekan2 ?