Translate

Monday, January 16, 2023

HOW LONG TIME IT TAKES TO GET PROMOTION?

HOW LONG TIME IT TAKES TO GET PROMOTION?
(Berapa lama waktu yang diperlukan untuk dipromosi ke posisi yang lebih tinggi?)
**
Namanya Rommy, seorang Manager di sebuah bank ternama di negeri ini.
Dalam sebuah seminar di mana saya melakukan sharing session dia bertanya,"Pak, sebenarnya berapa lama sih, waktu yang diperlukan untuk dipromosikan?
Saya sudah lima tahun di posisi saya sekarang, belum juga di promosikan. Tapi ada yang teman saya yang sudah dua tahun di promosikan, dan ada juga yang sudah 7 tahun belum di promosikan juga? Kok kayaknya gak konsisten ya?"
**
Good question, Rommy, lets discuss about this!
Jadi dalam karier, promosi itu bukan seperti waktu kita sekolah.
SD 6 tahun, SMP 3 tahun, SMA 3 tahun. Asal masuk kelas setiap hari dan belajar, semua orang akan naik dari SD ke SMP setelah 6 tahun, dan naik dari SMP ke SMA setelah 6 tahun.
Itu masa sekolah. Masa kerja ya beda lah, gak ada waktu yang pasti.
Terus bagaimana?
**
Semua posisi pasti memerlukan keahlian, pengetahuan dan kompetensi tersendiri. Berarti kita harus tahu posisi yang kita inginkan, mengerti kompetensi apa saja yang dibutuhkan. Dan kemudian kita meningkatkan kompetensi kita, agar kita menguasai semua kompetensi tersebut. Baru kitab oleh bertanya, apakah kita akan dipromosikan atau tidak?
Namanya juga posisi/job/jabatan yang berbeda, pasti kompetensi yang diperlukan berbeda.
Sebagai contoh, dalam sebuah tim yang terdiri dari 8 engineer kita akan mempromosikan satu orang untuk menjadi project manager. 
Pekerjaan seorang engineer adalah sangat teknikal dan seringkali berhubungan dengan equipment. Seorang project manager lebih banyak fokus pada hubungan dengan customer dan leading his team. Bagaimana kita bisa mempromosikan seseorang yang lihai dengan masalah technical equipment untuk mengurusi masalah hubungan antar manusia. Kasihan kan ? 
Analoginya tentu saja pada masalah sepakbola. Seorang pemain pekerjaannya menendang bola. Seorang pelatih pekerjaannya menetapkan strategi dan mengkoordinasikan para pemain. Apakah kita harus mempromosikan pemain terbaik sebagai pelatih ?
** 
My message to all employees, make sure you set your career aspirations. 
You have to understand the competences that you need in your next role and you develop those future competences while performing your current job. 
My message to all leaders. When you want to promote your employee, make sure that you consider BOTH Performance and POTENTIAL.
**
Terus jadinya berapa lama untuk dipromosi? Ya tergantung, kalau rajin belajar dan cepat mengembangkan diri sendiri, ya pasti akan cepet (misalnya 2 tahun), tapi kalau lambat belajar dan lambat mengembangkan diri sendiri, ya akan lama, bisa 5, 6, 7 tahun, atau malah gak pernah dipromosikan.
Semoga sekarang kita mengerti bahwa kita semua harus menjadi pilot of our own career.
Terus apa yang perlu kita lakukan? Ikuti lima rekomendasi di bawah ini…
**
1) Set your own career aspiration (which job/role you want to do in 2 years)
Setiap talent harus mempunyai cita-cita, jabatan apa yang ingin dituju, dalam waktu 2-3 tahun.
Pertimbangkan beberapa alternative posisi yang ada di perusahaan, dan pilih 1-2 posisi yang anda inginkan. 
2) Berdiskusilah dengan boss anda (dan HR bila perlu). 
Share openly …
- your career aspiration, 
- bagaimana anda akan mengembangkan diri anda sendiri 
- tanyakan apakah mereka bisa membantu (dan apa bantuan yang bisa anda harapkan)
(Tapi ingat, pilotnya adalah anda sendiri, bukan mereka, anda harus mencapai cita-cita anda, terlepas apakah mereka membantu atau tidak)
3) Be proactive. 
Buatlah individual development plan untuk anda sendiri.
Setiap hari jangan hanyta focus pada menyelesaikan pekerjaan anda. Tapi prioritaskan juga untuk mengembangkan karier anda, dengan mengembangkan kompetensi anda, setiap waktu.
4) Tugas anda adalah memotivasi diri anda sendiri, berkomitmen pada Pengembangan karier, mengatasi semua hambatan. Ingat ini karier anda, hidup anda, hanya anda sendiri yang bisa mewujudkan cita-cita anda.
5) Perluas network anda, aktif lah membangun dan menambah networking anda. Ini sangat penting.
** 
Voila, sekarang anda mengerti ,bahwa Pengembangan karier itu bukan masalah waktu tapi masalah Pengembangan kompetensi anda, dan berarti anda sendiri yang mengontrolnya sebagai pilot karier anda.

**
By the way, kalau tertarik untuk mempercepat pengembangan karier anda, saya dan teman-teman saya baru saja menulis buku, (yang diterbitkan oleh Mizan), "Career hacks", 
Bagaimana mempercepat karier kita, agar mencapai posisi selevel CEO atau Board of Directors.

Ditulis oleh 12 praktisi berdasarkan pengalaman bekerja sebagai CEO, Start-Up Founder, Directors, Profesor, Dekan dan Consultant .
Mereka share teknik-teknik, skills, dan kompetensi yang diperlukan untuk menjadi future leader.


Silahkan Google "Mizan career hacks", kalau ingin mendapatkan informasi bagaimana mendapatkan buku ini.
**
Salam Hangat

Pambudi Sunarsihanto