Translate

Saturday, June 04, 2022

Satu Rupiah Tentukan Closing

Sering perhatikan gambar ini kan?

Ya dalam benak pelanggan, diskon adalah segalanya. Bagaimana kita menghadapi tantangan ini?

Caranya mudah. Buat angka pengurangan yang terdekat. Itu yang selalu saya ajarkan ke tim sales. Jangan terjebak dengan diskon. Diskon bukan presentase penurunan. Diskon adalah penurunan angka.

Begitu calon customer melihat angka yang berbeda, dan menurun maka ada chemistry yang terjadi. Ini sangat wajar. 

Maka sekali lagi jangan terjebak dengan diskon harus presentase , tapi cukup adanya penurunan angka. Memang presentase selalu membuat perhitungan lebih mudah, tapi kita sebagai sales akan selalu terjebak selanjutnya. 

Bila kita berikan diskon 5%, dengan cepat sales ditekan untuk angka presentase selanjutnya. Tetapi bila dengan memberikan angka penurunan, customer kesulitan melihat presentasi maka dia cenderung hanya meminta penurunan lagi, tapi bukan presentase.

Berikutnya, harga dicoret. Harga publik yang telah diberikan diskon pengurangan yang ditampilkan. Ini akan membuat customer melihat bahwa diskon sudah ada dilakukan. Dan mereka cenderung menerima dan tidak meminta lagi pengurangan harga.

So, be smart as sales.