Translate

Saturday, June 04, 2016

ENTREPRENEUR IN DIGITAL ERA, CHANGE OR DIE


Dalam acara komunitas EXCELLENT "ENTREPRENEUR IN DIGITAL ERA - SEMINAR CHANGE OR DIE" yang dilaksanakan di Hall Plaza Bapindo, ratusan peserta hadir dan mengikuti kegiatan tersebut. Beragam pembicara datang untuk berbagi terkait dengan menjadi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah yang harus bersiap diri memasuki era digital. 


Dalam kesempatan itu juga, Ketua Umum APKOMINDO hadir dan memberikan paparan terkait dengan Rumah Tugas Akhir (rumahTA). APKOMINDO sebagai organisasi nirlaba yang beranggotan ribuan pengusaha di bidang komputer juga bersiap membantu digitalisasi UMKM. Ini juga mendukung target pemerintah yang akan memaksimalkan potensi UMKM Indonesia.

Bentuk dukungan APKOMINDO ini akan dinyatakan dengan kerjasama dengan para penyedia produk ramah UMKM, produk yang mendukung pengembangan bisnis UMKM dan mitra yang mendukung seperti Service Provider dan Bank. Apabila semua pihak saling bergandeng tangan dan bekerja bersama membantu digitalisasi UMKM, maka semua bisa terwujud dengan tepat dan cepat. 

Dalam mengembangkan entrepreneurship, APKOMINDO memiliki program Rumah Tugas Akhir dengan membidik mitra di edukasi, terutama Perguruan Tinggi. Dengan fokus membantu mahasiswa dan melakukan proses pendampingan, mulai dari penentuan ide dan inovasi, pengembangan produk, persiapan ke pasar hingga investor yang bersedia menampung produk akan diberikan dalam program Rumah Tugas Akhir. Dan salah satu mitra Perguruan Tinggi yang telah bersedia bekerja bersama adalah Institut Teknologi Bandung (ITB). Kerjasama ini akan mengawali langkah APKOMINDO mendukung program 1000 Technopreneur yang ditargetkan Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo). 

Dengan kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional kita mencapai 56 persen, maka tentu menjadi sangat penting untuk membantu dan mendampingi UMKM memaksimalkan potensi teknologi khususnya komputer untuk mengembangkan usahanya. Ini juga yang disampaikan oleh Menkominfo, Rudiantara dalam acara IESE dimana APKOMINDO juga hadir sebagai asosiasi yang mendukung kegiatan tersebut. Potensi kontribusi UKM terhadap perekonomian tersebut diyakini akan semakin berkembang seiring dengan mekarnya e-commerce di Indonesia karena semakin meningkatknya layanan dan koneksi internet.

APKOMINDO juga mendukung pengembangan usaha anggotanya, terutama yang terkait dengan UMKM Indonesia, diantaranya adalah PASARINDO.COM. Dalam kesempatan yang diberikan, PASARINDO memaparkan manfaatnya terutama untuk para pelaku yang masih mengalami kendala untuk menggunakan media online. PASARINDO.COMmenampilkan fitur PASHA (Pasarindo Human Assistant), tim yang membantu memasukkan deskripsi produk, harga dan gambar yang diberikan oleh pelaku UMKM. Hanya dengan menggunakan smartphone, gambar dapat dikirimkan ke website, ketikkan deskripsi produk dan harga, kemudian semua akan dibantu untuk diupdate di website , pungkas Fanky Christian (Founder PASARINDO.COM). Fanky Christian yang juga aktif selaku Ketua DPD DKI APKOMINDO menyampaikan kemudahan lain seperti PASARINDO.COMmenampung informasi kontak pelaku UMKM, mulai dari email, SMS, WA, Line hingga akun sosial media yang selama ini digunakan. Maka ini akan membantu calon pembeli yang selama ini  aktif menggunakan sosial media untuk mengakses informasi hanya dengan cara mudah dari website yang ada. PASHA juga melayani kanal lain untuk mengupload informasi produk, melalui SMS, WA, Line, Email dan Facebook, Twitter dan Instagram. Semua ini dilakukan untuk membantu UMKM yang selama ini kesulitan untuk mempromosikan produk dan jasanya.

Komunitas Excellent juga memiliki program terjadwal yang dapat diakses di www.komunitaswirausahaexcellent.com. Portal website Iklan Termudah dapat diakses di www.pasarindo.com. Berbagai kegiatan APKOMINDO dapat diakses di www.apkomindo.id


--
Sent from Gmail Mobile from my old iPad..